Home Auto News New Honda Brio 2016 Lebih Bertenaga dan Irit BBM, Ini Rahasianya

New Honda Brio 2016 Lebih Bertenaga dan Irit BBM, Ini Rahasianya

0 1308

Mobil Baru Honda Brio 2016, PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan penyegaran Honda Brio di Indonesia. Berbeda dari model sebelumnya, New Honda Brio memiliki tenaga yang lebih besar dari sebelumnya. Kini tenaganya dapat mencapai 90 PS, sedangkan model lamanya hanya 88 PS.

Muhammad Zuhdi, Manager Service Division PT HPM mengatakan, New Brio lebih bertenaga karena telah mendapat sentuhan perubahan pada teknologi di bagian mesin. Honda melakukan revisi pada piston pattern coat, mo shot coating on main bearing, cooling control sparer dan plastic intake manifold.

“Kalau kita dari sisi teknologi mesin disini terdapat beberapa perubahan yang membuat engine Honda New Brio 2016 powernya naik menjadi 90 Ps. Yang pertama adalah ada piston Pattern Coat. Di piston itu ada spot spot hitam yang merupakan unsur molibdenum. Jadi pada saat piston naik pada sisi silinder terjadi pelumasan yang efektif sehingga piston itu akan berkerja semakin smooth atau dapat meningkatkan ketahanan aus piston dan dinding silinder,” kata Zuhdi, dikutip dari DetikOto.

Zuhdi menambahkan, bagian mo shoot coating on main bearing merupakan bagian yang mampu meningkatkan ketahanan aus pada main bearing. Sementara untuk plastic intake manifold berfungsi untuk mengurangi berat dan mendongkrak efisiensi bahan bakar.

“Yang kedua yaitu Mo shoot Coating on main bearing. Bearing tersebut dilapisi oleh molibdenum supaya gaya geseknya berkurang sehingga putaran dari porosnya lebih efektif. Selanjutnya Plastic Intake Manifold tujuannya adalah untuk menurunkan bobot dari engine tersebut. Jika bobotnya berkurang otomatis energi yang dihasilkan dari ruang bakar berupa tenaga, itu tenaganya akan menjadi semakin meningkat,” jelasnya.

New Honda Brio 2016 Indonesia 2

Komponen terakhir yang membuat tenaga mobil baru ini menjadi lebih baik adalah cooling control sparer. Komponen ini bertugas untuk menjaga temperatur mesin sehingga viskositas oli terjaga. Di samping itu cooling control sparer juga berfungsi untuk menjaga gesekan antara piston dan dinding silinder untuk efisiensi bahan bakar.

Selain lebih bertenaga, Honda Brio terbaru juga diklaim lebih hemat bahan bakar. Hal ini dikarenakan penggunaan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Transmisi CVT adalah sistem perpindahan gigi otomatis yang dikontrol secara elektronik dengan drive pulley dan driven pulley serta steel belt. Transmisi tersebut tidak bekerja secara bertahap, melainkan bekerja dari kecepatan rendah ke kecepatan maksimum. Sekedar informasi, pilihan transmisi CVT ini tersedia untuk New Honda Brio RS dan New Honda Brio Satya yang masuk ke dalam kategori low cost green car (LCGC).

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pemakaian transmisi CVT pada Honda Brio 2016 memberikan dampak positif terhadap efisiensi bahan bakar.

“CVT punya kelebihan banyak dibanding dengan AT yang kita perkenalkan sebelumnya. CVT bisa menambah efisiensi bahan bakat. Karakter LCGC lebih cocok dengan CVT yang hemat bahan bakar. Dengan CVT bahan bakar lebih efisien karena distribusi mesin ke roda kan lebih efisien. Kalau CVT kan gear cuma 2, jadi tidak banyak gesekan,” ungkap Jonfis.

New Brio dengan dukungan tranmisi tersebut bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang mengutamakan efisiensi BBM. Zuhdi mengatakan, Brio Satya merupakan model LCGC pertama yang mengadopsi teknologi CVT tersebut.

“Untuk transmisi di Honda Brio adalah LCGC pertama yang menggunakan teknologi CVT,” kata Zuhdi.

Ia melanjutkan, dengan hadirnya CVT dan Torque Converter pada Brio terbaru, tidak hanya konsumsi bahan bakarnya yang menjadi lebih irit. Ada kelebihan lain yang didapat, yakni tenaga yang lebih kuat saat akselerasi, berat yang lebih ringan, performa dinamis dan mengurangi gesekan.

“Dengan improve technology ini, tenaga dan efisiensi bahan bakar meningkat. Friksi dan bobot dikurangi serta suhu dijaga supaya tidak meningkat,” pungkasnya.

Source: harga mobil city car baru 2016, apakah honda brio hemat, brio harga apakah irit, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply