Home Auto News Hasil MotoGP Catalunya 2016, Rossi Raih Kemenangan!

Hasil MotoGP Catalunya 2016, Rossi Raih Kemenangan!

0 1128

Hasil MotoGP Catalunya 2016, Grand Prix Catalunya, Spanyol menjadi buah manis bagi Valentino Rossi. Pembalap bernomor 46 itu berhasil merebut podium teratas usai finis di urutan terdepan. Prestasi menggembirakan ini tidak lepas dari perjuangan yang cukup berat. Pasalnya Rossi yang memulai balap dari posisi kelima harus turun ke posisi delapan lantaran start yang kurang baik. Meski demikian perlahan namun pasti pembalap asal Italia itu berhasil memperbaiki posisi. Bahkan ia kembali ke posisi enam saat memasuki lap kedua.

Perjuangan Rossi dilanjutkan dengan memanfaatkan celah dari pembalap Ducati dan Suzuki, yakni Andrea Iannone dan Maverick Vinales. Alhasil Rossi berada di tempat keempat. Beberapa lap kemudian, Rossi mulai mendekati Dani Pedrosa dan sukses mendahuluinya setelah Vinales.

Sementara itu, rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez mengalami permasalahan. Performa motor yang mereka gunakan untuk bertanding melambat sehingga membuat gap Lorenzo-Marquez dengan Rossi semakin tipis. Hal ini tidak disia-siakan oleh Rossi yang akhirnya berhasil merebut posisi Marquez.

The Doctor juga berhasil menyalip Lorenzo dengan memanfaatkan angin dan trek lurus Montmelo. Dengan demikian sudah empat pembalap Spanyol yang berhasil ia salip.

Posisi Lorenzo semakin mundur ke belakang. Saat berada di posisi lima, ia menghadapi persaingan dari Andrea Iannone. Bermaksud ingin menutup jalan Iannone, Loreno justru terlalu cepat merebahkan motor. Hal ini membuat motornya menyentuh ban depan Desmosedici milik Iannone. Akhirnya keduanya terjatuh di sisa 7 lap dan tidak bisa meneruskan pertandingan.

MotoGP Catalunya 2016 2

Di barisan terdepan, pembalap Repsol Honda, Marquez mencoba melancarkan serangan kepada Rossi. Usaha ini sempat membuahkan hasil, Marquez berhasil mengambil alih posisi terdepan di sisa 3 lap. Hanya saja di lap berikutnya Rossi kembali merebut posisi tersebut setelah Marquez yang terlalu melebar saat keluar dari tikungan.

Posisi Rossi tak tergoyahkan hingga balapan usai. Dengan demikian Rossi keluar sebagai juara. Kemenangan ini bisa menjadi penghibur hati setelah ia gagal memenangi lomba di kampung halamannya, Mugello, Italia seri sebelumnya.

Ada hal menarik di balik MotoGP seri Catalunya kali ini. Usai balap, Rossi dan Marquez diketahui berjabat tangan untuk yang pertama kalinya. Seperti yang diketahui bersama, dua pembalap ini sempat berseteru lantaran Rossi menuding Marquez membantu Loreno untuk menjadi juara dunia.

Jabat tangan diantara keduanya tentu menjadi sebuah pemandangan yang mengejutkan bagi banyak orang banyak. Mengenai hal ini, Rossi memiliki alasan tersendiri.

“Ketika hal-hal seperti ini (insiden kecelakaan yang berujung kematian Luis Salom) terjadi, sisanya menjadi tidak begitu penting lagi. Ya, berarti sangat kecil! Jadi, saya rasa ini merupakan hal yang tepat untuk dilakukan (bersalaman dan berbaikan dengan Marquez),” kata Rossi, seperti yang diberitakan Crash, Senin (06/06/2016).

Hasil balap MotoGP 2016 Catalunya:

  1. Valentino Rossi Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) : 44:37,589
  2. Marc Márquez Repsol Honda Team (RC213V) : +2,652
  3. Dani Pedrosa Repsol Honda Team (RC213V) : +6,313
  4. Maverick Viñales Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) : +24,388
  5. Pol Espargaró Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) : +29,546
  6. Cal Crutchlow LCR Honda (RC213V) : +36,244
  7. Andrea Dovizioso Ducati Team (Desmosedici GP) : +41,464
  8. Alvaro Bautista Aprilia Racing Team Gresini (RS-GP) : +42,975
  9. Danilo Petrucci Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) : +45,337
  10. Héctor Barberá Avintia Racing (Desmosedici GP14.2) : +46,669
  11. Jack Miller Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) : +49,514
  12. Stefan Bradl Aprilia Racing Team Gresini (RS-GP) : +55,133
  13. Eugene Laverty Aspar Team MotoGP (Desmosedici GP14.2) : +57,974
  14. Tito Rabat Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) : +1:00,141
  15. Michele Pirro Avintia Racing (Desmosedici GP) : +1:00,429
  16. Scott Redding Octo Pramac Yakhnich (Desmosedici GP15) : +1:16,269
  17. Yonny Hernandez Aspar Team MotoGP (Desmosedici GP14.2) : +1 lap

Gagal finis:

  • DNF Aleix Espargaró Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) : Lap ke-18
  • DNF Jorge Lorenzo Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) : Lap ke-16
  • DNF Andrea Iannone Ducati Team (Desmosedici GP) : Lap ke-16
  • DNF Bradley Smith Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) : Lap ke-6

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply