Home Mobil Tutup Pentil Plastik dan Logam, Mana yang Lebih Baik?

Tutup Pentil Plastik dan Logam, Mana yang Lebih Baik?

0 1044

Tutup Pentil Plastik dan Logam, Kendaraan bermotor memiliki banyak komponen. Salah satu diantaranya adalah tutup pentil ban. Pada dasarnya tutup pentil ini berfungsi untuk melindungi katup udara yang berada di dalam.

Hanya saja, seiring berjalannya waktu tutup pentil memiliki fungsi lain, yakni untuk mempercantik tampilan roda-roda, terutama untuk sepeda motor. Oleh karenanya banyak produsen aksesori yang menawarkan komponen ini dengan beragam bentuk. Bahan pembuatnya juga bervariasi, mulai dari plastik hingga logam.

Meski begitu, saat memilih tutup pentil jangan sampai mengabaikan fungsi utamanya. Tutup pentil yang dipilih harus kedap udara saat terpasang. Dengan begitu bocor halus pada ban dapat dihindari. Lalu mana yang terbaik, tutup pentil plastik atau logam?

Bila dilihat dari material yang dijual di pasaran, tutup pentil ban standar bawaan motor yang terbuat dari bahan plastik warna hitam atau hijau umumnya tidak awet. Daya tahannya masih kalah dari bahan logam.

Tutup Pentil Motor 1

Pemilik motor harus rajin mengganti tutup pentil berbahan plastik secara berkala. Tujuannya agar ban tidak kurang angin yang ujung-ujungnya dapat menyusahkan pengguna kendaraan.

Sementara tutup pentil berbahan logam memiliki karakteristik yang lebih keras, sehingga daya tahannya bisa lebih lama. Seperti yang diketahui, logam tidak memiliki sifat getas. Hanya saja, tutup pentil ini rawan berkarat, khususnya pada bagian ulir. Jika kerap terkena air atau kondisi yang lembab, tutup pentil akan mudah berkarat.

Ulir tutup pentil yang berkarat akan menyusahkan kita saat hendak membukanya dengan tangan. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan tang. Namun ada tips untuk mengatasi tutup pentil logam yang sulit dibuka. Anda dapat mengolesi bagian ulir pada tutup atau pentil dengan oli. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan saat membukanya lagi.

Source: pentil ban sepeda motor mudah berkarat, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply