Home Mobil Cara Kerja Differential Lock pada Mobil 4WD

Cara Kerja Differential Lock pada Mobil 4WD

0 829

Differential Lock pada Mobil, Saat ini mobil memiliki banyak sekali fitur. Mulai dari fitur inovatif hingga yang paling canggih. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan fitur differential lock. Pada mulanya, fitur mobil ini berfungsi untuk mengunci kedua roda belakang. Differential lock terletak di penyaluran tenaga four wheel drive. Letaknya ada pada gearbox mobil terdahulu. Sebab, mengunci differential secara konvensional atau ke differential case berguna agar roda kanan dan kiri bergerak dengan momen yang sama.

Seiring berkembangnya zaman, differential lock tidak lagi bekerja secara manual. Fitur ini bekerja melalui sensor dengan loker otomatis. Contohnya terdapat pada mobil pikap Nissan Navara NP300. Mobil ini dapat mencegah terjadinya slip pada roda kanan dan kiri berkat fitur Active Brake Limited Slip (ABLS) dan Transfer Control Unit.

Lalu bagaimana cara kerja dari fitur tersebut?

“Pada NP300 Navara tidak terdapat differential lock, maka penguncian roda depan terjadi pada transfer unit dan secara elektrik dilakukan oleh Transfer Control Unit setelah adanya permintaan pengemudi melalui knop 4WD shift switch,” kata Technical Instructor, PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Jamaludin Akhmad Jazuli, dikutip dari laman Viva.

Different Lock Mobil 1

“Loker otomatis yang bekerja menurut perintah sensor sebagai diferensial terbuka akan membaca sampai ban terasa sudah slip dan kemudian mengunci otomatis. Maka, gaya seperti ini dikembangkan pada NP300 dengan Active Brake Limited Slip (ABLS) agar mengurangi putaran roda yang slip sampai berhenti sesuai keperluan,” lanjut Jamaludin.

Sementara Transfer Control Unit juga memiliki peran lain dalam hal ini. Tugasnya adalah membuat traksi pada roda kanan dan kiri depan tetap berputar secara seimbang, sesudah adanya permintaan dari pengemudi melalui 4WD shift switch. Dengan begitu, pengemudi akan tetap merasa nyaman untuk melewati tikungan tajam ataupun jalur bebatuan dan banyak lumpur.

Source: cara kerja differential lock, apa yang dimaksud differential lock, kegunaan differential lock, fungsi differential lock, fungsi diff lock, fungsi diferintial lock, fungsi diferential lock, differntial lock fungsi, differential lock fungsi, diff lock pada mobil 4wd, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply