Home Mobil Penyebab Indikator Mesin Mobil Menyala, Ada 10 Faktor

Penyebab Indikator Mesin Mobil Menyala, Ada 10 Faktor

0 1485

Penyebab Indikator Mesin Menyala, Kini kendaraan roda empat memiliki fitur yang canggih. Setiap fitur yang dibenamkan pada mobil memiliki fungsinya masing-masing. Seperti yang terdapat pada panel instrumen. Komponen yang satu ini bertugas untuk menampilkan informasi seputar mobil. Ketika kunci dikontak ke posisi on, maka akan muncul beberapa ikon yang merujuk pada temperatur mesin, tekanan oli dan mesin. Ikon-ikon tersebut akan menyala sesaat dan kemudian mati.

Jika indikator tersebut tidak mati tandanya ada permasalahan pada mobil. Untuk indikator mesin, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

“(Indikator mesin) mengambil data dari semua sensor yang ada di mesin, drive train, dan sasis. Apabila terjadi hubungan singkat (short) ataupun kabelnya putus maka indikator lampu mesin akan menyala,” ungkap Agus Mustafa, Technical Support Auto2000, dilansir Liputan6.

“ECU hanya menerima output dan input yang terus menerus apabila terjadi penyimpangan secara otomatis akan memberikan tanda lampu mesin akan menyala,” lanjutnya.

Menurut laporan 2016 Vehicle Health Index versi CarMD, ada 10 permasalahan yang menyebabkan indikator mesin pada panel instrumen menyala. Hasil tersebut disimpulkan dari 1.019.904 perbaikan yang terjadi pada 1 Januari hingga 31 Desember 2015 di 50 negara bagian Amerika Serikat (AS).

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 10 komponen yang paling banyak diperbaiki atau diganti akibat indikator mesin yang menyala:

  • Solenoid Evaporative Emissions Purge (EVAP)
  • ontrol Valve Evaporative Emissions Purge (EVAP)
  • Busi
  • Sensor Mass Air Flow (MAF)
  • Koil pengapian
  • Thermostat
  • Tutup tangki bahan bakar
  • Koil pengapian dan busi
  • Catalytic converter
  • Sensor oksigen

Demikian adalah penyebab indikator mesin mobil menyala. Agar tidak terjadi kerusakan parah pada mobil, ada baiknya untuk melakukan perawatan secara berkala. Mobil yang selalu terawat akan memiliki performa yang prima dan terhindar dari kerusakan serius.

Source: lampu indikator mobil menyala terus, kenapa indikator mesin menyala, cara mengatasi mesin yang terproteksi pada Suzuki swift lampu indikator gembok menyala tatun 2008, indikator injeksi mobil menyala, lampu indikator datsun go, lampu injeksi datsun go nyala, penyebab lampu indikator 4wd menyala terus, tanda indikator mesin mobil menyala, tanda x 4WD nyala, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply