Home Auto News 7 Motor Sport China Hasil Jiplakan Motor Lain, Apa Saja?

7 Motor Sport China Hasil Jiplakan Motor Lain, Apa Saja?

0 2460

Motor Sport Jiplakan China, Negeri Tirai Bambu, China dikenal gemar menjiplak desain kendaraan milik produsen ternama lain. Roda empat maupun roda dua sudah banyak yang menjadi korbannya.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu produsen otomotif China menjiplak desain dua mobil premium, Range Rover Evoque dan Porche Macan. Bahkan atas kasus ini Jaguar Land Rover melayangkan tuntutan kepada Jiangling Motor yang secara terang-terangan menjiplak desain Range Rover Evoque.

Sementara di segmen kendaraan roda dua, penjiplakan juga tergolong banyak. Setidaknya ada tujuh motor buatan produsen China yang desainnya meniru pabrikan motor lain. Apa saja motor yang dimaksud? Berikut adalah 7 motor China hasil jiplakan motor lain, sebagaimana dilansir Indianautosblog.

Yamama R6

Yayama R6

Dari namanya saja mungkin Anda sudah dapat menebak motor apa yang ditiru. Yamama R6 ini menjiplak desain dari Yamaha R6. Kendati demikian dapur pacu keduanya berbeda. Yamama R6 mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc dengan pendingin udara. Jauh lebih kecil dari milik Yamaha R6 yang dipersenjatai mesin 600 cc.

C8 Tomahawk

C8 Tomahawk

Motor buatan Zhejiang Jiajue Motorcycle ini mengusung desain yang sangat mirip dengan KTM Duke. Motor asal Negeri Tirai Bambu ini dijual dalam beberapa pilihan mesin, antara lain 150 cc, 250 cc dan 300 cc.

Kengo R350

Kengo R350

Kengo R350 mencoba meniru desain motor asal Jepang, Kawasaki Ninja 300. Motor ini mengandalkan mesin twin-silinder DOHC dengan kapasitas sebesar 320,7 cc. Berbekal mesin itu, Kengo R350 dapat meledakkan tenaga sebesar 23,5 hp. Lebih rendah dari Ninja 300 yang dapat menghasilkan tenaga hingga 39 hp. Yang lebih mengejutkan, motor ini tidak hanya dijual di China saja, namun juga di kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam dan Thailand.

ZJMM R12

ZJMM R12

Zhejiang Jiajue Motorcycle tidak hanya membuat kembaran KTM Duke saja. Produsen otomotif China ini diketahui juga menjiplak Honda CBR250R dengan menghadirkan model bernama ZJMM R12. Di sektor pacu ada dua pilihan yang ditawarkan, akni 125 cc dan 250 cc.

Wonjan WJ300 Space Ranger

Wonjan WJ300 Space Ranger

Motor China berikutnya yang menjiplak motor lain adalah Wonjan WJ300 Space Ranger. Motor ini memiliki desain yang persis dengan moge premium asal Italia, Ducati Panigale. Wonjan WJ300 Space Ranger ini dijual dalam dua versi, yaitu sport fairing dan semi-fairing. Yang membedakan motor ini dengan Ducati Panigale adalah mesinnya, dimana motor tersebut hanya mengandalkan jantung pacu berkapasitas 300 cc. Tentu saja harga motor ini lebih terjangkau dari Ducati Panigale yang dibanderol dengan harga fantastis. Setidaknya motor ini bisa menjadi solusi alternatif bagi orang yang sangat ingin memiliki Panigale.

Wonjan WJ150

Wonjan WJ150

Jika diperhatikan, motor yang satu ini memiliki desain yang sama persis dengan Honda Grom. Sama seperti motor di atas, perbedaan Honda Grom dengan Wonjan WJ150 terletak pada mesinnya. Motor ini mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 13,1 daya kuda. Sedangkan Grom mengusung mesin yang lebih kecil, yakni 125 cc dengan tenaga maksimum 10 daya kuda.

Gulsar

Gulsar 125

Tidak hanya namanya saja yang mirip, desain motor ini juga terlihat mirip dengan Bajaj Pulsar. Motor ini diproduksi oleh Taian Chiran Machinery Company Ltd. Selain dijual di pasar domestik, Gulsar juga dijual ke pasar Amerika Latin. Lantaran memiliki desain yang serupa, Bajaj Auto menuntut produsen otomotif China itu. Bajaj Auto dilaporkan memenangkan pengadilan atas hak kekayaan intelektual (HKI) terhadap manufaktur dan penjualan Gulsar.

Source: motor sport china paling murah, motor sport cina, motor cina, motor sport china, harga motor sport china, motor china, motor cina terbaru, harga motor cina, motor china sport, motor cina sport, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply