Home Auto News Komparasi Honda Brio Satya Vs Honda Brio RS 2016

Komparasi Honda Brio Satya Vs Honda Brio RS 2016

Komparasi Honda Brio Satya Vs Honda Brio, Pada ajang Indonesia International Motor Show (IMS) 2016, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan dua model terbaru, yakni New Brio RS dan New Brio Satya. Meski sekilas terlihat sama persis, rupanya ada perbedaan di antara keduanya.

Honda Brio RS diposisikan sebagai tipe tertinggi Brio yang terjun di segmen city car. Mobil ini memiliki semua kelengkapan yang ada pada model low cost green car (LCGC) Brio Satya. Namun Honda menambahkan karakter sporty yang membuatnya berbeda dari saudara kembarnya. Berikut akan dibahas lebih jauh komparasi Honda Brio Satya vs Honda Brio.

Desain bodi

Melihat dimensinya, baik Brio Satya maupun Brio RS memiliki ukuran yang sama. Panjangnya mencapai 3,64 m, dengan lebar 1,68 m dan tinggi 1,485 m. Demikian pula dengan desain bagian depannya yang mirip dengan model MPV Mobilio. Hanya saja, perbedaan terletak pada lampunya. Lampu depan Brio RS memakai proyektor dengan LED.

Perbedaan lainnya terlihat pada sektor kaki-kaki. Honda Brio RS mengandalkan pelek yang serupa dengan Mobilio dengan diameter 15 inci. Sementara untuk Brio Satya menggunakan pelek 14 inci. Ban keduanya juga berbeda, untuk Brio RS mengandalkan ban Bridgestone Potenza 185/55, sementara Satya mengusung Dunlop Ensave 175/55.

Honda New Brio Satya 2016 Indonesia

Selain itu bodi samping RS terdapat side under spoiler dan garnish di bawah kaca belakang yang didesain lebih kecil dari milik Satya. Lalu untuk spionnya bisa melipat secara elektrik dan terdapat lampu sein pada penutup spion. Sementara Brio Satya mengandalkan sein yang menempel pada bodi samping.

Interior

Di bagian interior, perbedaan terlihat jelas pada warnanya. Brio RS dilabur dengan warna hitam, dengan pelapis jok yang diberi warna senada. Tampilan jok semakin menarik dengan jahitan jingga. Sementara interior Brio Satya identik dengan warna ivory. Di samping itu Headunit RS lebih besar dari milik Satya, yakni berukuran 6,2 inci layar sentuh.

Honda Brio Satya dilengkapi dengan empat speaker di masing-masing pintu. Lalu pada Brio RS ditambah dengan tweeter. Sistem audio milik RS dapat menyajikan suara yang lebih memuaskan.

Sporty

Di sektor dapur pacu, tidak ada perbedaan spesifikasi di antara keduanya. Honda membenamkan mesin berkapasitas 1.2 liter i-VTEC yang sudah mendapat sentuhan perbaikan. Hasilnya tenaga mesin tersebut meningkat jadi 90 PS dengan torsi 110 Nm. Naik signifikan dari model sebelumnya yang hanya 88 PS dengan torsi 109 Nm.

Sebagai tambahan, pada tahun 2013 Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan untuk menghentikan penjualan mesin 1.3L. oleh karena itu kini Brio mengandalkan mesin yang sama.

Walaupun mesinnya sama, Honda memberikan sentuhan karakter sporty pada suspensi milik Brio RS. Suspensi ini dibuat lebih kaku dari mobil LCGC Brio Satya. Karakter pengendalian tersebut menjadi pembeda paling kentara untuk urusan performa. Muhamad Zuhdi, Service Senior Manager HPM mengatakan, perbedaan suspensi Brio RS dan Satya ada pada damping force dan spring rate.

Lantaran tidak masuk dalam kategori LCGC, Brio RS tidak memperoleh keringanan pajak dari pemerintah. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual yang dibanderol Rp 159,7 juta dan CVT Rp 174,7 juta. Sementara Brio Satya terdiri dari tiga tipe. Antara lain tipe S manual yang dipatok Rp 129,6 juta, E manual Rp 134,6 juta dan E CVT yang dilepas Rp 149,6 juta.

Honda Brio Satya dan RS disediakan dalam pilihan warna Brilliant Spoty Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, Taffeta White. Khusus untuk RS, Honda menawarkan warna Passion Red Pearl. Sementara Satya memiliki warna khusus Rallye Red.

Source: beda brio rs vs e, beda honda brio dengan suzuki ignis, beda new honda brio rs vs satya, brio satya vs news brio satya, briosatya vs rs, honda brio satya vs honda brio rs, honda supra gtr 150 vs mx king, tampilan brio satya vs rs, velg brio satya vs rs, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply