Home Auto News Toyota Vios 2016 Indonesia Akan Pakai Mesin Baru

Toyota Vios 2016 Indonesia Akan Pakai Mesin Baru

0 1024

Toyota Vios 2016 Indonesia, Beberapa waktu lalu, tepatnya pada bulan Maret 2016 produsen mobil raksasa asal Negeri Samurai, Toyota memperkenalkan Vios model 2016 di Thailand. Setelah diamati lebih jauh, sedan mini andalan Toyota ini mengandalkan mesin baru, yakni 2NR berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut ditemani dengan transmisi continously variable transmission (CVT). Menariknya, Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia memastikan bahwa Vios yang dijual di Tanah Air juga akan mendapatkan upgrade serupa.

“Ya ikutlah (Vios baru seperti di Thailand), kami penuhi permintaan konsumen seperti apa,” ujar Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), sebagaimana dilansir KompasOtomotif.

Meski telah memberikan konfirmasi, sayangnya dirinya tidak bersedia untuk mengungkapkan kapan Toyota Vios terbaru itu mulai diproduksi.

Sebagai informasi, mobil baru Toyota Vios dirakit lokal di Negeri Gajah Putih, Thailand. Demikian juga Vios untuk pasar Indonesia yang dirakit oleh TMMIN. Saat Toyota Thailand merilis New Vios, pada waktu yang bersamaan TMMIN meresmikan pabrik ketiganya yang berada di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini ditujukan khusus untuk memproduksi mesin, salah satunya adalah mesin baru 2NR.

Berselang satu bulan kemudian, Toyota memperkenalkan MPV berdesain mengotak, Toyota Sienta. Mobil yang hadir untuk pertama kalinya di Indonesia ini mengusung mesin 2NR plus CVT yang diproduksi di Tanah Air. Mesin sejenis itu rencananya juga akan diaplikasikan pada Vios dan model hatchback Yaris.

Toyota Thailand mengklaim, mesin 2NR 1.5L dan CVT yang dibenamkan pada Vios terbaru dapat mendongkrak konsumsi bahan bakar. Sebelumnya Toyota Vios mengandalkan mesin lama, yakni 1NZ-FE yang dipadukan transmisi otomatis 4-percepatan.

Mesin 1.5L berkode 2NR-FBE yang dimiliki Toyota New Vios 2016 sudah mengusung teknologi dual VVT-i. Hasilnya mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 108 hp dengan torsi 140 Nm.

Img source: http://paultan.org

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!


Leave a Reply