Home Auto News MPV LCGC Suzuki Siap Hadir Saingi Datsun GO+ di India

MPV LCGC Suzuki Siap Hadir Saingi Datsun GO+ di India

0 1763

MPV LCGC Suzuki, Dalam waktu dekat Toyota dan Daihatsu akan menghadirkan dua mobil baru yang terjun di kategori Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan. Produk terbaru ini merupakan model MPV murah yang akan bersaing dengan Datsun GO+ Panca. Dari informasi yang beredar, duo mobil tersebut akan diberi nama Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Walaupun di segmen tersebut masih belum ada banyak pesaing, namun beberapa agen pemegang merek mengakui masih belum berencana untuk mengikuti jejak Daihatsu dan Toyota. Hal ini juga diungkapkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM Suzuki di Tanah Air.

Jika melihat ke belakang, sebenarnya SIS memiliki Wagon R versi MPV. Hanya saja model tersebut belum akan diluncurkan. Pada Januari kemarin, 4W Marketing Product Development Section Head SIS, Donny Saputra mengungkapkan bahwa SIS masih dalam tahap studi mengenai calon low-MPV di bawah Suzuki Ertiga.

Namun lain halnya dengan Suzuki di India yang mulai mengungkapkan bahwa Wagon R 7-seater itu siap hadir untuk bersaing dengan Datsun GO+. Sebagaimana dikutip Dapurpcu dari laman motoroctane, menurut informasi dari sumber Maruti Suzuki India, mereka telah mengembangkan Wagon R 7-seater yang akan diposisikan di bawah Ertiga. Dengan demikian, harga mobil tersebut bisa jadi lebih murah.

Untuk desainnya tetap mempertahankan gaya boxy yang juga dianut versi city car. Hanya saja kabin dibuat lebih panjang sehingga ada tiga baris bangku. Namun untuk pasar India akan hadir dengan konsep 5+2. Di samping itu Suzuki juga ingin menawarkan keunggulan yang membuatnya lebih baik dari Datsun GO+ dan Tata Venture. Keunggulan yang dimaksud adalah interior yang lebih mewah dan lapang.

Dengan kata lain, Suzuki Wagon R 7-seater nantinya akan mendapat sejumlah sentuhan penyempurnaan dari model city car yang sudah dipasarkan lebih dulu. Selain kabin, ada kejutan lain yang disiapkan Suzuki. Mobil tersebut akan dijual dengan dukungan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.2 liter. Menariknya Suzuki juga menawarkan versi CNG untuk konsumen. Sementara untuk sistem perpindahan gigi atau transmisinya tersedia dalam dua varian, yakni manual 5-percepatan dan AGS.

Di Negeri Hindustan, Suzuki akan membanderol Wagon R 7-seater dengan kisaran harga 5.5 lakhs hingga 6.5 lakhs.

Perlu diketahui, saat ini Karimun Wagon R 7-seater merupakan proyek Suzuki Jepang untuk pasar South-east Asia. Jika melihat persaingan MPV murah di Indonesia yang akan semakin sengit, semestinya Suzuki Indonesia bisa lebih dulu menghadirkan mobil tersebut. Sehingga Suzuki bisa bersaing dengan Calya dan Sigra milik Toyota dan Daihatsu yang rencananya akan hadir pada bulan Agustus mendatang.

Namun pastinya ada alasan kuat dari keputusan Suzuki Indonesia itu. Bisa saja SIS memilih untuk bersabar dan mengamati perkembangan pasar dari Calya dan Sigra. Langkah serupa juga dilakukan saat Avanza dan Xenia hadir di Indonesia pertama kali. SIS memilih untuk melihat sebelum akhirnya menghadirkan Ertiga.

Di sisi lain, tidak menutup kemungkinan SIS masih ragu untuk meluncurkan MPV murahnya di Tanah Air. Seperti yang diketahui bersama, Karimun Wagon R versi city car mencatat penjualan yang tidak terlalu baik. Masih kalah dari Agya dan Ayla. Menurut data penjualan mobil Gaikindo tahun ini (Januari-Mei) SIS hanya berhasil memasarkan Wagon R sebanyak 4.494 unit. Jauh lebih rendah dari Agya dan Ayla yang berhasil mencapai 20 ribu lebih (wholesale).

Keputusan tentu ada di tangan Suzuki. Yang pasti kehadiran model baru di kategori LCGC 7-seater akan menarik perhatian konsumen yang ingin mencari MPV dengan harga terjangkau.

Source: mpv murah suzuki, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply