Home Auto News Datsun Go Cross Indonesia Hadir di GIIAS 2016?

Datsun Go Cross Indonesia Hadir di GIIAS 2016?

0 1255

Datsun Go Cross Indonesia, Sepertinya persaingan di pasar Low Cost Green Car (LCGC) Tanah Air akan semakin memanas. Pasalnya beberapa agen pemegang merek gencar menghadirkan LCGC baru untuk memikat hati konsumen. Jika akhir-akhir ini pasar otomotif nasional dihangatkan dengan kabar mengenai duo MPV murah, Toyota Calya dan Daihatsu Siagra, kini Datsun tampaknya mulai bersiap diri untuk menghadirkan model baru.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Datsun memiliki satu model baru yang siap untuk diluncurkan. Mobil tersebut adalah Datsun Go Cross. Model ini merupakan crossover murah yang kabarnya siap meluncur pada 2017 mendatang.

Bahkan Go Cross versi konsep sudah diperkenalkan di hadapan publik India, tepatnya pada ajang Auto Expo yang berlangsung belum lama ini. Sementara itu, masyarakat Indonesia sepertinya harus sedikit bersabar. Menurut informasi, diduga kuat Datsun akan memperkenalkan produk barunya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan diselenggarakan bulan Agustus mendatang. Bocoran ini diungkapkan oleh seorang narasumber dari Nissan Datsun.

“Kalau Renault Kwid yang platformnya sama dengan GO-Cross (dan Datsun Redi-GO) sudah meluncur, tentunya GO Cross tidak lama lagi. Ya kemungkinan di kuartal tiga (di GIIAS 2016) atau empat,” ujarnya, pada bulan Maret kemarin.

Namun India tampaknya lebih beruntung. Pasalnya beberapa waktu lalu produsen mobil asal Negeri Samurai itu merilis Redi GO. Mobil ini menemani dua kakaknya, Go dan Go+ yang sudah lebih dulu hadir di Negeri Bollywood itu. Menariknya, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, yakni mencapai Rp 50-80 jutaan.

Menurut laporan Indianautosblog, sebagaimana dilansir KompasOtomotif, Go Cross nantinya akan mengadopsi basis Go+ versi MPV. Harapannya mobil baru Datsun ini bisa dijual dengan harga yang kompetitif, walaupun akan dilengkapi dengan beberapa fitur baru di bagian interior yang disebut ‘connected car’. Fitur ini juga terdapat pada Renault Kwid.

Datsun GO-Cross 2016 2

Konsep merakit lokal di pabrik India juga disinyalir sedang disiapkan untuk jalan Go Cross. Diprediksi harga mobil ini  untuk pasar India mencapai INR 4,4-4,6 Lakh, atau mencapai Rp 85-98 jutaan.

Lantas apakah model ini sama dengan versi Indonesia? Sayangnya mengenai hal tersebut belum ada informasi lebih jauh. Di samping itu spesifikasinya juga belum mencuat sehingga sulit untuk memperkirakannya.

Namun narasumber Datsun juga pernah mengungkapkan bahwa pihaknya belum memutuskan harga jual dari mobil ini. Akan tetapi diprediksi harganya akan berkisar Rp 150 jutaan. “Tren pasar di kita (Indonesia) saat ini mengarah ke crossover dan SUV. Selain itu segmen LCGC-nya juga terus bertumbuh,” kata dia.

Sebagai tambahan, menurut data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada lima model yang terjun di kelas LCGC. Diantaranya Daihatsu Ayla, Datsun GO dan GO+ Panca, Honda Brio Satya, Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon R. Meski hanya ada sedikit pemain, segmen LCGC menyumbang penjualan yang relatif tinggi. Tercatat sepanjang 2015 kemarin LCGC berhasil mengantongi penjualan sebanyak 57.646 unit.

Dari total penjualan tersebut, LCGC Datsun menyumbang angka 29.358 unit. Angka ini terdiri dari penjualan Datsun GO+ versi MPV sebesar 19.896 unit dan Datsun GO versi city car yang menyumbang 9.462 unit.

“Artinya, peminat LCGC itu banyak dan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya kelompok kelas menengah baru di Indonesia. Tapi mobil ini nantinya tak masuk ke area mobil LCGC lagi, kenapa? ya karena harganya sudah bukan kategori LCGC lagi (karena LCGC ambang batasnya Rp 120 jutaan),” jelasnya saat itu.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply