Home Mobil Kelebihan Memakai Nitrogen pada Ban Kendaraan

Kelebihan Memakai Nitrogen pada Ban Kendaraan

0 1203

Kelebihan Memakai Nitrogen pada Ban, Zaman dulu kita hanya mengandalkan udara biasa untuk ban kendaraan. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini kita juga mengenal nitrogen. Rupanya baik pabrikan mobil ataupun ban menganjurkan konsumennya untuk memakai nitrogen saat mengisi udara ban kendaraannya.

Pastinya ada alasan mengapa pabrikan menyarankan untuk menggunakan nitrogen. Lalu apa saja kelebihan ban nitrogen dibandingkan ban yang diisi udara biasa? Berikut adalah 4 keuntungan yang diperoleh konsumen, sebagaimana dipaparkan DetikOto dari Auto2000:

Stabilitas lebih maksimal

Pemakaian nitrogen pada ban kendaraan akan membuat tenaga angin ban menjadi lebih stabil. Hal tersebut dapat terjadi karena partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul oksigen. Dengan begitu akan sulit untuk keluar dari pori-pori ban.

Efisien

Keuntungan lain yang bisa didapat adalah konsumsi bahan bakar kendaraan yang lebih irit. Menurut hasil riset, disimpulkan jika tekanan angin pada ban optimal, maka tapak ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan. Hal ini akan membuat konsumsi BBM menjadi lebih irit hingga 3,3 persen.

Aman

Kelebihan lain dari penggunaan ban nitrogen adalah keselamatan selama berkendara yang lebih terjamin. Tentu faktor yang satu ini menjadi prioritas seluruh pengendara. Namun bagaimana ban dengan nitrogen lebih aman dari udara biasa?

Perlu diketahui bahwa suhu nitrogen lebih rendah dari oksigen. Dengan memakai nitrogen, maka suhu udara dalam ban akan lebih stabil, tidak naik turun, sehingga ban kendaraan terhindar dari risiko meletus lantaran kepanasan.

Awet

Yang terakhir, pemakaian nitrogen pada ban kendaraan akan membuat ban lebih awet dibandingkan udara biasa. Sebab lain halnya dengan nitrogen, penggunaan oksigen pada ban dapat membuat karet ban menjadi cepat keras. Hal ini terjadi karena proses oksidasi.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply