Home Mobil Tips Persiapan Mudik dengan Mobil, Cek Sistem Pengereman

Tips Persiapan Mudik dengan Mobil, Cek Sistem Pengereman

0 904

Tips Mudik dengan Mobil, Dalam waktu dekat masyarakat di Tanah Air akan disibukkan dengan kegiatan mudik Lebaran. Kegiatan tahunan ini memang masih terus berlangsung hingga saat ini. Jauh sebelum melakukan kegiatan mudik, tentu ada beberapa persiapan yang harus dicicil mulai sekarang. Jika Anda mengandalkan mobil pribadi untuk mudik atau pulang ke kampung halaman, ada sejumlah tips yang disampaikan Bosch.

Dedy Ismanto, Channel Marketing Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan, fokus persiapan mudik dengan mobil yang perlu Anda perhatikan adalah sistem pengereman. Perlu diketahui, komponen vital ini juga bekerja keras saat mobil sedang terjebak macet bahkan dalam keadaan nyaris diam.

Dalam acara kelanjutan dari kampanye Bosch yang bertajuk #GetItRight #StartWithBosch, Dedy mengatakan bahwa sistem pengereman menjadi poin vital yang harus dipastikan kondisinya.

“Pada kondisi lalu lintas macet, orang cenderung malas memposisikan (transmisi) dalam kondisi netral. Sedangkan kaki akan selalu berada di pedal rem. Sehingga rem akan selalu menjepit dan mendapat tekanan konstan setiap saat,” ungkap Dedy, dilansir Autobild.

Tidak sedikit pengemudi mobil yang melakukan hal ini. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga mobil tetap diam. Akan tetapi, kebiasaan menjaga posisi mobil dengan teknik di atas diyakini dapat memperpendek usia pakai komponen pengereman, khususnya kampas rem.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa perjalanan keluar kota saat mudik berbeda dengan hari biasa. Volume kendaraan umumnya akan lebih banyak sehingga situasi jalanan menjadi macet.

“Ya, baiknya ketika macet posisi gigi ada di netral dan menggunakan rem tangan untuk menjaga posisi mobil,” kata Dedy.

Demikian adalah tips persiapan mudik dengan menggunakan mobil. Selain memperhatikan kondisi mobil, jangan lupa untuk menjaga kesehatan Anda. Sebab melakukan perjalanan jauh menuntut pengemudi untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dan konsentrasi saat di perjalanan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply