Home Auto News 4 Mobil Honda Terlaris di Kelasnya, Ada Apa Saja?

4 Mobil Honda Terlaris di Kelasnya, Ada Apa Saja?

0 575

Mobil Honda Terlaris, Di bulan Mei 2016, setidaknya ada empat mobil Honda yang berhasil menunjukkan performa penjualan baiknya. Tidak hanya itu, mobil-mobil tersebut juga memimpin pasar di segmennya. Keempat mobil itu adalah Honda BR-V yang merajai segmen LSUV, Brio di segmen city car, Jazz di segmen hatchback dan terakhir CR-Z di segmen sport.

Honda BR-V yang merupakan pendatang baru di Tanah Air justru berhasil meraih gelar sebagai mobil terlaris di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Sepanjang Januari sampai mei 2016, BR-V menyumbang penjualan sebesar 27.085 unit dengan market share 46 persen. Sementara di bulan Mei kemarin penjualannya mencapai 4.258 unit.

Sedangkan Honda Brio yang memimpin segmen city car tampaknya terbantu dengan hadirnya varian baru yang diberi nama New Brio RS. Berbeda dengan model sebelumnya, varian Brio terbaru ini tampil lebih sporty, dengan tampilan depan menyerupai model MPV Honda Mobilio. Brio berhasi menyumbang penjualan sebesar 1.981 unit sepanjang Januari-Mei 2016, dengan market share 23 persen. Sedangkan bulan lalu model ini membukukan penjualan 274 unit.

Sementara itu, saudara kembarnya, New Brio Satya yang hadir di segmen low cost green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan juga mencatatkan penjualan yang cukup baik. Sepanjang bulan Januari-Mei 2016, mobil ini telah terjual sebanyak 6.154 unit, dengan market share mencapai 9 persen. Berbekal penyegaran yang dirilis pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 bulan April lalu, model ini mengumpulkan penjualan sebesar 1.263 unit pada bulan Mei.

Model berikutnya yang menjadi pemimpin di segmennya adalah Honda Jazz. Model hatchback ini mengantongi angka penjualan sebesar 8.301 sepanjang tahun ini. Pangsa pasar Jazz mencapai 23 persen. Sementara penjualan Honda Jazz di bulan Mei 2016 tercatat cukup baik yakni mencapai 2.241 unit.

Honda BR-V 2016 Indonesia

Sementara Honda CR-Z yang berhasi mempertahankan gelarnya sebagai market leader disegmen sport berhasil meraih penjualan sebesar 75 unit sepanjang Januari-Mei 2016. Mobil ini berhasil meraih pangsa pasar sebesar 53 persen. Dari total penjualan tersebut, 14 unit di antaranya dicatat pada Mei kemarin.

Secara keseluruhan, HPM berhasil meraih penjualan sebesar 17.427 unit pada bulan Mei 2016. Angka penjualan ini naik 21,15 persen dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 14.384 unit. Sementara total penjualan mobil Honda sejak Januari hingga Mei 2016 mencapai 90.190 unit dengan market share sebesar 15 persen.

Dengan total penjualan tersebut, Honda berhasil meraih posisi kedua penjualan terbanyak. Honda sukses mengalahkan Daihatsu yang hanya meraih penjualan 72.782 unit pada periode Januari-Mei 2016. Sementara peringkat pertama tetap dipertahankan oleh Toyota. Perusahaan otomotif raksasa asal Jepang ini membukukan penjualan sebanyak 143.027 unit pada periode yang sama.

Dikutip dari KompasOtomotif, Jonfis Fandy, yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan, pada Mei 2016 penjualan mobil Honda di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini didukung oleh beberapa hal, seperti pengiriman unit model baru All New Civic Turbo, New Brio Satya dan New Brio RS.

”Tiga model ini sempat memasuki masa run out pada bulan April 2016. Kedepannya kami akan terus menghadirkan model-model baru untuk terus menyegarkan pasar otomotif di Indonesia,” ujar Jonfis.

Perubahan strategi dalam memasarkan produk sepertinya berdampak positif pada penjualan mobil Honda. Perlu diketahui, sebelumnya merek ini hanya bermain di segmen menengah-atas saja. Akan tetapi hal tersebut membuat penjualan Honda hanya berhasil meraih peringkat lima besar. Baru pada tahun 2014 Honda mengubah strategi dengan membidik konsumen menengah-bawah. Keputusan ini membuat posisi Honda semakin membaik dari waktu ke waktu.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply