Home Mobil Perbedaan Aki Mobil Soak dan Kurang Setrum

Perbedaan Aki Mobil Soak dan Kurang Setrum

0 1468

Perbedaan Aki Mobil Soak dan Kurang Setrum, Semua pemilik mobil sudah pasti tahu fungsi dari aki pada sebuah kendaraan. Salah satu komponen penting ini berfungsi sebagai media penyimpan dan penyuplai arus listrik saat kendaraan dihidupkan. Di samping itu aki juga bertugas memasok arus listrik untuk kebutuhan komponen-komponen lain, seperti lampu, jam elektronik, alarm dan lain sebagainya.

Komponen ini tak selamanya bekerja dengan baik. Ada kalanya aki mengalami masalah yang harus segera ditangani agar tidak merepotkan pengguna kendaraan. Salah satu masalah yang lazim dijumpai adalah mobil susah hidup saat parkir yang dikarenakan permasalahan pada aki. Ada dua kemungkinan untuk masalah ini, aki mobil soak atau hanya kurang setrum. Pemilik mobil harus mengetahui perbedaan keduanya.

Aki soak artinya kemampuan komponen internal menyimpan energi listrik sudah memasuki masa pensiun. Pada dasarnya aki merupakan baterai yang terisi ulang ketika mesin sedang hidup. Apabila komponen ini soak, saat mesin mati tegangan yang tersimpan sudah tidak normal untuk menghidupkan mesin lagi.

Saat pengemudi memutar kunci, mesin tidak mau hidup. Salah satu indikasinya, suara dinamo starter terdengar lemah. Indikasi mobil tidak bisa hidup juga terasa sama jika aki kurang setrum, namun beda penyebab. Dikutip dari KompasOtomotif, Birul, mekanik dari Shop&Drive Pamulang mengatakan, aki soak karena usia pemakaian. Lain halnya dengan aki yang kurang setrum, biasanya dikarenakan energi terbuang saat mesin tidak hidup (proses pengisian.

“Misalnya lupa mematikan lampu waktu parkir. Setrumnya berkurang, mesin susah hidup,” ujarnya.

Umumnya aki mobil memiliki 12 volt. Sementara untuk menghidupkan mobil memerlukan paling tidak 9 volt. Jika aki soak, maka tidak bisa diperbaiki. Satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan yang baru. Mengganti cairan elektrolit pada aki basah hanya berlaku sementara saja. Sementara aki yang kurang setrum masih dapat diisi ulang kembali tanpa perlu menggantinya dengan yang baru.

Source: strum aki mobil, ciri aki mobil tekor, perbedaan aki tekor dan soak, Tanda aki kurang, Aki kurang, membedakan aki tekor dan soak, penyebab aki mobil kurang setrum, penyebab aki strum lemah, perbedaan aki soak dan aki short, perbedaan aki soak dan kurang charge, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply