Home Motor Cara Merawat Rem Tromol Motor, Periksa Secara Berkala

Cara Merawat Rem Tromol Motor, Periksa Secara Berkala

0 943

Cara Merawat Rem Tromol Motor, Saat ini rem tromol atau juga dikenal dengan nama drum brake masih banyak digunakan pada sepeda motor, baik motor bebek ataupun skuter matik. Umumnya rem tromol ini disematkan di ban belakang. Alasan pabrikan mengaplikasikan rem tersebut adalah harganya yang terjangkau dan cocok untuk sepeda motor bermesin kecil.

Namun jangan sampai lupa untuk merawat komponen yang berfungsi untuk menghentikan laju motor ini. Perawatan bisa Anda lakukan secara berkala. Desainnya yang tertutup membuat rem tromol tidak mudah terkena kotoran dari luar.

“Posisinya yang berada di dalam bagian roda membuat kinerja rem tromol tidak terganggu kotoran dari luar. Hanya saja tetap perlu perawatan berkala agar tetap bersih dan dapat bekerja maksimal,” kata Amim, mekanik Bintang Motor Pondok Bambu, dilansir dari Otomania.

Sebagai informasi, cara kerja rem jenis ini yakni dengan bertumpu pada gesekan antar kampas dan drum yang berputar. Dengan begitu laju sepeda motor dapat dihentikan. Perawatan bisa dilakukan dengan membuka tromol dan membersihkan permukaan drum dari sisa kampas rem.

“Membersihkannya biasa menggunakan kompresor angin. Bisa juga menggunakan amplas di bagian tromolnya jika ada kotoran yang susah dibersihkan,” jelas Amim.

Di samping itu perhatikan pula kondisi kampas rem. Lihat apakah kampas sudah perlu diganti atau masih dapat bekerja dengan baik. Jika kampas rem sudah habis masa pakainya, dianjurkan untuk segera diganti satu set.

Perawatan berikutnya juga dapat dilakukan pada sistem pegas atau mekanikal pengereman. Apabila sistem pegas pengembalinya bermasalah, maka harus dilakukan penggantian suku cadang.

“Fungsi pengereman itu vital di sepeda motor. Biasanya kalo habis kampasnya terasa sepeda motor pengeremannya berkurang. Sebaiknya segera ganti, komponen ini tidak bisa diperbaiki, bisa membahayakan kalau mencoba diperbaiki,” terang Amim.

Source: cara membersihkan dan merawat rem tromol motor, cara merawat tromol belakang motor, harga tromol mio, komponen rem tromol pada motor yamaha mio, nama komponen dan fungsi rem tromol, perawatan drum breke sepeda motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply