Home Auto News Isuzu MU-X 2016 Indonesia Rilis di GIIAS 2016 Tanpa Mesin Baru

Isuzu MU-X 2016 Indonesia Rilis di GIIAS 2016 Tanpa Mesin Baru

0 630

Isuzu MU-X 2016 Indonesia, Untuk saat ini Toyota masih bisa tenang dalam memasarkan SUV dan pikap diesel terbarunya, All New Fortuner dan All New Hilux. Namun dalam waktu dekat Isuzu akan menghadirkan produk barunya untuk menyaingi kedua model andalan Toyota itu.

Kedua mobil baru itu adalah Isuzu MU-X dan Isuzu D-Max. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selaku agen tunggal pemegang merek Isuzu di Tanah Air akan menghadirkan mobil tersebut di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Pameran ini sedianya akan dilangsungkan pada bulan Agustus mendatang. Hanya saja SUV dan pikap Isuzu itu hadir dengan sentuhan penyegaran saja, bukan model yang benar-benar baru.

“Pasti ada perbedaan dengan model saat ini, namun tidak banyak. Lengkapnya nanti saja,” jelas Maman Fathurrohman, Marketing Communication Department Head PT IAMI, sebagaimana dikutip dari Otomotifnet.

Itulah sebabnya mengapa stok SUV Isuzu MU-X di Indonesia sudah habis. Hal tersebut terjadi karena akan hadirnya model baru.

Jika melihat di negara tetangga, Isuzu sebenarnya sudah memperkenalkan MU-X dan D-Max terbaru. Mobil tersebut dirilis di Thailand saat ajang Bangkok Motor Show 2016. Perbedaan mencolok dari kedua model beda segmen tersebut terletak pada sektor dapur pacunya. Isuzu membenamkan mesin baru pada MU-X dan D-Max, menggantikan mesin 2.5-liter.

Isuzu D-Max 2016

Mesin itu memiliki kapasitas yang lebih kecil dari model sebelumnya, yakni hanya 1.9-liter. Akan tetapi mesin ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih Ddi Blue Power. Jantung pacu dengan kode RZ4E-TC itu dapat menghantarkan tenaga sebesar 147,8 dk dengan torsi maksimum 350 Nm pada 1.800-2.600 rpm.

Di samping itu ditawarkan pula pilihan berkapasitas lebih besar, yakni 3.0 liter dengan turbo diesel. Tenaganya juga lebih besar, dapat menembus 174,5 hp dengan torsi 380 Nm pada putaran mesin 1.800-2.800 rpm.

Semua mesin itu dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis Rev Tronic 6-percepatan. Sementara sistem penggerak rodanya hanya tersedia satu macam, yakni sistem gerak dua roda atau 2 Wheel Drive (2WD).

Lalu, apakah model tersebut yang akan dihadirkan IAMI di Indonesia?

“Belum menyentuh ke pergantian mesin. Sebab, masalahnya masih soal emisi gas buang (euro). Di Thailand sudah euro IV, sedangkan kita masih euro II,” jawab Maman.

Hal ini cukup disayangkan, sebab konsumen sebenarnya akan diuntungkan dengan pemakaian mesin tersebut. Dengan mengusung mesin berkapasitas lebih kecil, tentu pajaknya lebih rendah jika dipasarkan di Indonesia. Hal ini akan membuka kemungkinan Isuzu MU-X dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun pendapat lain diutarakan oleh Keiji Takeda, yang menjabat sebagai Presiden Direktur IAMI. Menurutnya, meski pajaknya bisa lebih murah belum tentu harga mobil tersebut bisa menjadi lebih murah.

“Ya memang secara kapasitas mesin lebih kecil. Pajaknya juga lebih rendah. Tapi belum tentu harganya jadi lebih murah, karena mesin ini kan teknologinya lebih mahal,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika nantinya harga Isuzu MU-X Blue Power tidak bisa lebih terjangkau, namun konsumen akan mendapat banyak keuntungan. Selain lebih bertenaga, mesin baru itu lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

“Secara jangka panjang konsumen lebih punya keuntungan dari mesin baru ini, dengan usungan teknologinya,” ungkapnya.

Pihak IAMI tentu memiliki pertimbangan tersendiri mengapa memutuskan untuk tidak menawarkan mesin baru pada MU-X yang akan hadir di Tanah Air. Alasan utamanya adalah kualitas bahan bakar diesel.

“Mesin tersebut di Thailand sudah mengusung standar Euro 4. Kita sulit untuk memasarkannya di sini. Bahan bakar yang tersedia belum memadai, kalaupun pakai Pertadex, biayanya lebih mahal, tidak sesuai dengan konsumen kami,” ungkap Takeda.

Source: isuzu mu x manual giias 2016, isuzu mux indonesia 2016, brosur isuzu mux 2016, harga isuzu mu x 2016, http//kode mesin isuzu mu-x, mobil MUX manual 2016, new isuzu d max 2016 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply