Home Auto News Penyebab Recall Yamaha R25 dan MT-25, Ada 3 Permasalahan

Penyebab Recall Yamaha R25 dan MT-25, Ada 3 Permasalahan

0 822

Penyebab Recall Yamaha R25 dan MT-25, Baru-baru ini pecinta roda dua dihangatkan dengan kabar recall motor yang dilakukan oleh Yamaha. Melalui laman resminya, Yamaha Jepang mengumumkan kampanye recall untuk motor sport rakitan Indonesia. Beberapa model yang terkena recall adalah Yamaha YZF-R25, YZF-R3, MT-25 dan MT-03.

Kampanye recall ini merupakan bentuk tanggung jawab Yamaha atas kualitas motor yang dijual. Walaupun sedikit sekali konsumen yang mengeluhkan permasalahan pada motor tersebut, pabrikan motor berlambang tiga garputala itu langsung mengumumkan recall.

Ada 15.072 unit motor sport Yamaha yang harus melakukan pemeriksaan di Negeri matahari Terbit itu. Dari total tersebut, R25 menjadi penyumbang terbanyak, yakni mencapai 8.614 unit dan berikutnya adalah MT-25 dengan total 2.226 unit. Umumnya motor yang terkena recall adalah unit produksi Oktober 2014 hingga Mei 2016.

Lantas apa yang menyebabkan Yamaha melakukan recall massal terhadap produk-produknya tersebut?

Rupanya ada tiga permasalahan yang terdapat pada motor sport bermesin dua silinder itu. Pertama adalah mekanisme gigi penggerak pompa oli. Komponen ini terletak di bak mesin sebelah kanan. Gigi yang terbuat dari resin atau semacam plastik ini kerap rusak lantaran menerima putaran dari tekanan tinggi oli yang bersirkulasi. Salah satu pengguna R25 di Malaysia sempat mengunggah sebuah foto di akun sosial media yang memperlihatkan beberapa mata pada gigi penggerak pompa tersebut rompal.

Yamaha R25 Recall

Permasalahan berikutnya terdapat pada laher kopling yang bermasalah. Laher tersebut rupanya tidak cukup kuat untuk menerima tekanan kopling. Hal tersebut mengakibatkan proses perpindahan gigi menjadi lebih susah.

Sementara itu, M. Abidin yang menjabat sebagai General Manager Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kala itu mengungkapkan, kemungkinan permasalahan tersebut terjadi lantaran suplai oli yang kurang akibat terlalu sering bermain di putaran mesin rendah. Jika Anda adalah salah satunya yang mengalami permasalahan tersebut, tak usah ragu untuk membawanya ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut. “Kan masih tercover garansi, klaim saja,” ujar Abidin saat itu, dikutip Otomotifnet.

Permasalahan terakhir adalah rute selang rem depan yang kurang tepat. Akibat dari permasalahan ini selang rem menjadi kerap bersinggungan dengan radiator. Namun kasus ini hanya menimpa model tanpa fairing Yamaha MT-25. Untung saja sejauh ini belum kejadian buruk yang dialami pengguna nakedbike ini akibat permasalahan tersebut. Dalam kampaye recall ini, posisi selang tersebut akan diatur ulang dengan menambahkan penjepit.

Yamaha MT-25 Recall

Di Indonesia sendiri PT YIMM belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah tersebut. Dengan kata lain, belum dapat diketahui apakah unit yang ada di Indonesia nantinya juga akan mendapat perlakuan yang sama atau ada penanganan lain.

“Kita masih diskusikan, nanti saya hubungi kembali ya,” kata Mohammad Masykur, Asisten General Manager Marketing PT YIMM.

Sekedar informasi, baik Yamaha R25 maupun MT-25 sama-sama mengandalkan mesin 4 langkah berpendingin cairan, DOHC berkapasitas 249 cc. Mesin ini memiliki diameter x langkah 60,0 x 44,1 mm. Hasilnya motor tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 26,5 kW pada putaran mesin 12.000 rpm dengan torsi maksimum 22,6 Nm pada putaran 10.000 rpm. Mesin itu disandingkan dengan transmisi 6-percepatan.

Kedua motor ini dirancang dengan menggunakan rangka Diamond, yang dipadukan suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang swing arm. Ban depan mengandalkan ukuran 110/70-17 M/C (54S) dan bagian belakang berukuran 140/70-17 M/C (66S). Sementara untuk sistem pengeremannya mengandalkan jenis single disc brake di depan dan belakang.

Source: ada berapa perpindahan gigi pada motor r25, kenapa yamaha r25 memasukan gigi ke 3 suara jeklok keras, perpindahan gigi mt 25 keras, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply