Home Mobil Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi

Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi

0 1332

Tips Mudik Aman dan Nyaman, Sebenarnya mobil pribadi bukanlah satu-satunya alat transportasi yang bisa digunakan untuk mudik Lebaran. Pemudik sebenarnya juga bisa mengandalkan transportasi umum. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang lebih senang mudik dengan mobil pribadi.

Ada beberapa alasan mengapa kendaraan pribadi tetap menjadi andalan banyak orang saat musim mudik tiba. Salah satunya adalah tidak perlu repot-repot untuk membeli tiket jauh hari sebelum Lebaran. Di samping itu menggunakan mobil pribadi juga lebih fleksibel, karena bisa berkunjung di lokasi-lokasi wisata yang dilalui. Tidak hanya itu, kenyamanan dan privasi yang lebih terjaga juga menjadi alasan lainnya.

Akan tetapi mudik dengan mobil tidak selamanya menyenangkan. Sebab fisik pengemudi menjadi lebih lelah karena menempuh perjalanan panjang. Di samping itu pemilik mobil juga harus memperhatikan kondisi dan keamanan kendaraannya. Jika dalam waktu dekat Anda berniat untuk melakukan mudik, berikut ada tips mudik aman dan nyaman dengan mobil pribadi.

Bawa bekal makanan dan minuman

Menjelang arus mudik Lebaran, kondisi jalan umumnya akan lebih padat dari biasanya. Hal ini berpotensi menimbulkan macet parah. Anda juga menjadi kesulitan untuk menjangkau rest area. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman untuk berbuka puasa atau sahur. Namun perlu diingat, jangan membawa makanan yang mengandung banyak MSG maupun gula. Daripada membawa soft drink atau kopi, akan lebih baik jika Anda membawa air mineral sebanyak-banyaknya. Atur pola makan sepanjang perjalanan mudik agar tubuh tetap sehat.

Buat kabin mobil lebih nyaman

Tips Mudik dengan Mobil 2

Agar perjalanan panjang tidak terasa melelahkan, buatlah kabin mobil menjadi senyaman mungkin. Salah satunya adalah dengan mengatur temperatur AC secukupnya. Jangan terlalu dingin ataupun terlalu panas. Suhu kabin yang pas dapat mencegah Anda merasa mengantuk saat sedang mengendarai mobil. Selain itu Anda juga bisa memutar musik favorit agar perjalanan tidak membosankan. Perhatikan pula ruang untuk penumpang. Ruang penumpang yang memadai akan menambah kenyamanan saat mudik.

Batasi waktu berkendara dalam sehari

Salah satu hal penting saat melakukan perjalanan mudik adalah jangan memaksakan tubuh. Tentu Anda ingin segera tiba di kampung halaman. Namun bukan dengan cara memaksa tubuh untuk tetap memegang setir kemudi saat tubuh sudah merasa lelah. Disaat seperti itu konsentrasi Anda sudah menurun dan hal tersebut bisa mendatangkan malapetaka jika diabaikan. Agar hal tersebut tidak terjadi, batasi waktu berkendara Anda. Jika sudah lelah carilah tempat yang memadai untuk beristirahat sejenak. Di samping itu Anda juga bisa menyetir bergantian dengan anggota keluarga lain.

Hindari kelebihan muatan dan patuhi aturan lalu lintas

Saat ini ada aksesori penunjang yang dapat memudahkan pemilik mobil untuk membawa barang lebih banyak. Namun yang perlu digarisbawahi, jangan membawa barang melebihi kemampuan mobil. Sebab hal semacam ini bisa berakibat fatal. Selain itu patuhi aturan lalu lintas selama perjalanan dan paculah mobil dengan kecepatan aman.

Bawa perlengkapan servis darurat dan P3K

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan servis darurat seperti senter, dongkrak, kabel jumper, kunci roda, sekring, pengukur tekanan ban, duct tape, sarung tangan dan segitiga peringatan. Selain itu bawalah ban cadangan untuk berjaga-jaga. Peralatan P3K juga menjadi salah satu barang yang wajib dibawa, jika dalam perjalanan nantinya ada yang membutuhkan obat.

Periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat

Memeriksa mobil sebelum digunakan untuk mudik Lebaran adalah hal yang tak boleh terlewatkan. Lakukan pengecekan di bagian mesin, rem, oli, roda dan komponen penting lainnya. Mobil dalam kondisi baik tentu akan lebih aman dan nyaman untuk digunakan.

Disarankan untuk memeriksa kondisi mobil sejak dini. Sebab mendekati musim mudik akan banyak orang yang pergi ke bengkel untuk melakukan servis. Selain antrian panjang, stok suku cadang juga berpotensi semakin sedikit.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply