Home Motor Cara Mengecek Oli Motor dengan Mudah, Perhatikan Warnanya

Cara Mengecek Oli Motor dengan Mudah, Perhatikan Warnanya

0 1593

Cara Mengecek Oli Motor, Perawatan motor menjadi agenda rutin yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik. Sebab, melakukan perawatan akan memperpanjang usia motor beserta komponennya sehingga kinerja tetap terjaga. Salah satu bagian dari perawatan sepeda motor adalah pengecekan oli.

Pemeriksaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan dipstick. Dengan cara tersebut, pemilik motor akan mengetahui takaran oli dalam mesin dan kondisi melalui warnanya.

Perlu diingat, meskipun pabrikan sudah memberikan informasi seputar aturan pergantian oli, namun hal itu tidak selamanya bisa dijadikan sebagai patokan resmi. Sebab, kada oli bisa saja berkurang sebelum waktunya. Bahkan yang lebih parah oli motor sudah rusak sebelum jarak yang sudah ditetapkan.

“Dari warna oli bisa terlihat kondisinya di dalam mesin, hampir-hampir sama dengan busi. Artinya meski sebelum jarak 2.000 km atau 3.000 km bisa saja oli sudah rusak dan bisa diganti atau bahkan sebaliknya,” ujar Slamet Pamuji, pemilik bengkel Selta Motor, sebagaimana dikutip dari Otomania.

Pergantian oli harus selalu dikontrol, sebab komponen yang satu ini tidak hanya bertugas untuk melindungi komponen saja namun juga menjaga performa kendaraan. Oleh karena itu para pemilik motor tidak boleh terlambat mengganti oli supaya tunggangan kesayangannya bisa bekerja dengan baik tanpa kendala.

Cara Mengecek Oli Motor 2

Untuk memeriksanya dengan menggunakan dipstick, perhatikan warnanya. Masing-masing warna tersebut mewakili kondisinya. Jika terdapat warna putih pekat seperti susu kemungkinan terdapat kebocoran di blok mesin yang membuat air masuk ke dalam. Kondisi ini membuat warna oli berubah seperti susu.

Sedangkan jika oli berwarna hitam pekat, tandanya kendaraan sudah menempuh perjalanan jauh, atau bisa juga terdapat kerusakan yang membuat oli cepat hitam. Jika mengalami hal tersebut harus segera melakukan pemeriksaan. Sebab, jika hanya mengganti pelumas baru, dalam hitungan hari permasalahan serupa akan muncul kembali.

Lalu untuk oli berwarna cokelat kekuningan menandakan bahwa oli tersebut masih layak pakai. Kendaraan biasanya masih berada di jarak tempuh yang belum terlalu jauh.

“Ada satu kasus lagi, saat membuka dipstick dan mengelap di kain terdapat serpihan gram, artinya bisa dua ada kerusakan komponen atau filter oli sudah rusak sehingga tidak bisa menyaring kotoran gram-graman tersebut,” tambah Slamet.

Source: cara mengecek oli motor, cara ngecek oli motor mio, cara merawat motor vixion, mesinninja 250, oli motor berwarna putih, oli motor yang tak layak, cara cek oli motor, penyebaab oli ada gram putih, perawatan rutin motor vixion, tandanya oli motor bekerja dengan baik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply