Home Mobil Tips Mudik Lebaran, Bawa Perlengkapan Ini Agar Perjalanan Nyaman

Tips Mudik Lebaran, Bawa Perlengkapan Ini Agar Perjalanan Nyaman

0 574

Tips Mudik Lebaran, Lebaran akan tiba dalam beberapa hari ke depan. Momen ini biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Agar kenyamanan selama perjalanan terjamin, maka persiapan harus disiapkan sejak jauh hari.

Semakin lama waktu yang digunakan untuk mudik, maka hal-hal yang dipersiapkan juga harus lebih diteliti. Jika Anda sedang bersiap-siap untuk mudik Lebaran dan bingung barang apa saja yang perlu dibawa, berikut adalah beberapa perlengkapan yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar:

Non tunai

Seperti yang diketahui, saat ini pemerintah dan Bank Indonesia sedang gencar menggalakkan transaksi non-tunai. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mendukung kegiatan pemerintah dengan membawa kartu tol atau voucher sesuai kebutuhan. Baik voucher untuk makanan cepat saji maupun voucher untuk mengisi bahan bakar. Dengan menggunakan kartu atau voucher, waktu transaksi akan menjadi lebih singkat lantaran kita tidak perlu mencari uang pas atau menunggu uang kembalian.

Powerbank

Tips Mudik dengan Mobil 2

Alat yang satu ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan untuk para pengguna gadget atau smartphone. Menempuh perjalanan yang panjang akan menyulitkan kita saat ingin mengisi daya perangkat genggam. Oleh karena itu jangan lupa membawa powerbank saat hendak berangkat mudik. Di pasaran sudah banyak pilihan powerbank, namun disarankan untuk memilih produk dengan daya minimal 10000 mAh. Anda juga bisa memilih powerbank dengan panel tenaga surya yang dapat diisi dayanya dengan bantuan panas matahari.

Bantal leher

Permasalahan yang mungkin menimpa Anda saat mudik adalah nyeri leher. Hal ini terjadi karena posisi tidur yang tidak tepat. Terlebih lagi saat mudik seseorang biasanya berada di dalam kendaraan selama lebih dari empat jam. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari nyeri leher, bawalah bantal leher. Pilih bantal yang terbuat dari bahan empuk, nyaman untuk dipakai dan ringan untuk di bawa ke mana saja. Bantal ini akan menjaga posisi leher Anda selama beristirahat.

Jaket atau sweater

Kondisi cuaca selama perjalanan tidak dapat diprediksi, kadang bisa jadi panas atau dingin. Untuk mengantisipasi hal tersebut, bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal. Selama perjalanan Anda harus menjaga suhu tubuh tetap normal agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Hiburan dalam genggaman

Saat berada di dalam kendaraan, tidak banyak hal yang bisa kita lakukan. Terkadang hal ini membuat kita merasa bosan dan jenuh. Untuk mengatasinya Anda bisa membawa headset untuk memutar lagu favorit. Di samping itu bisa pula membawa konsol game genggam sehingga perjalanan tidak terasa membosankan.

Kipas angin portable

Terjebak dalam kemacetan di siang hari tentu menjadi kombinasi yang tidak baik. Hawa panas sudah pasti Anda rasakan. Agar kondisi ini tidak mengganggu, bawalah kipas angin portable sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa kepanasan di tengah perjalanan.

Senter

Jika mudik dengan menggunakan mobil pribadi, resiko mogok di tengah perjalanan bisa terjadi tanpa diduga. Bisa jadi mobil tidak dapat melaju saat sudah petang. Inilah fungsinya membawa senter. Dengan alat ini, Anda bisa mencari peralatan atau melihat kondisi mobil yang butuh perbaikan. Di samping itu senter juga berguna untuk mencari bekal makanan atau minuman saat di dalam kendaraan.

Perlengkapan P3K

Tubuh diharuskan selalu dalam kondisi fit saat melakukan perjalanan mudik. Oleh karena itu Anda harus menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin untuk menjaga stamina. Selain itu jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan di kotak P3K untuk antisipasi jika terjadi sesuatu di perjalanan.

Perkakas mobil

Jika membawa mobil pribadi, pastikan bahwa mobil Anda memiliki komponen yang lengkap. Seperti aki, spion, lampu mobil hingga surat-suratnya. Di samping itu pastikan bahwa terdapat kotak perkakas yang lengkap untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Anda juga bisa membawa pompa ban yang bisa dimanfaatkan saat kondisi darurat.

Source: peralatan yg disiapkan saat mudik, yg perlu diteliti saat perjalanna jauh mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply