Home Mobil Cara Merawat dan Menggunakan Ban Serep Mobil

Cara Merawat dan Menggunakan Ban Serep Mobil

0 807

Cara Merawat Ban Serep Mobil, Kebanyakan mobil yang dijual di Indonesia dilengkapi dengan ban serep. Keberadaan ban ini akan sangat dibutuhkan jika ban mobil mengalami permasalahan. Biasanya pabrikan meletakkan ban serep di bagasi bagian belakang maupun bawah mobil.

Hanya saja, posisinya yang tersembunyi membuatnya luput dari perhatian pemilik. Tidak hanya itu, bahkan ada pula pemilik mobil yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan ban serep yang baik dan benar.

Dikutip dari laman Viva, Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan bahwa ban serep tidak boleh dipakai terlalu lama lantaran fungsinya sebagai cadangan.

“Ban serep itu jangan dipakai lama, karena tidak rata (alurnya) nanti. Jika tetap dilakukan, maka pengereman jadi tidak seimbang. Yang satu daya cengkeramnya bagus, tapi yang lainnya tidak,” ujar Arijanto.

Ia memberikan contoh, jika ban serep digunakan karena salah satu ban mengalami kebocoran, maka ban cadangan tersebut bisa dipakai hanya dalam keadaan darurat. Pemakaiannya juga bukan untuk jangka waktu lama.

Arijanto meneruskan, setelah menemukan bengkel atau tempat tambal, maka ban bocor harus segera diperbaiki dan ban serep dikembalikan ke tempat penyimpanan.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan rotasi ban. Teknik ini tidak hanya membuat tingkat keausan ban serep sama seperti ban utama, namun juga membuat keausan ban utama kiri dan kanan sama rata. Untuk melakukannya cukup mengganti ban cadangan ke ban belakang sebelah kiri. Sementara ban belakang sebelah kiri dirotasi ke ban depan sebelah kanan.

Lalu untuk ban sebelah kanan depan diistirahatkan menjadi ban cadangan dan untuk ban depan sebelah kiri bertukar tempat dengan ban belakang sebelah kanan.

Source: cara memasang ban serep saat darurat tpi beda kiri dan kanan, posisi ban serep ignis, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply