Home Motor Kenapa Jarang Ada Sepeda Motor Bermesin Diesel?

Kenapa Jarang Ada Sepeda Motor Bermesin Diesel?

0 3894

Sepeda Motor Bertenaga Diesel, Saat ini kita mengenal dua mesin konvensional yang lazim dibenamkan pada kendaraan, yakni mesin bensin dan diesel. Kedua mesin ini memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satunya adalah penggunaan bahan bakar. Mesin pertama menggunakan bahan bakar bensin, sementara mesin diesel memakai BBM jenis solar.

Selain itu mesin bensin biasanya ditujukan untuk kendaraan berukuran kecil, seperti sepeda motor dan mobil. Sedangkan mesin diesel lebih banyak digunakan pada kendaraan berukuran besar, seperti truk hingga bus.

Kendaraan besar tersebut mengandalkan mesin diesel sebagai dapur pacunya lantaran torsi yang lebih besar. Torsi besar ini dibutuhkan untuk menggerakkan benda dengan bobot yang sangat berat.

Akan tetapi tidak jarang pula mesin diesel ini tersemat di beberapa mobil pribadi. Akan tetapi kita hampir tidak pernah mengetahui produsen sepeda motor yang menggunakan mesin diesel pada motor buatannya. Lalu apa alasan jarangnya sepeda motor yang menggunakan mesin diesel?

Menurut Bikesindia, sebagaimana dikutip dari Viva, sebenarnya ada sejumlah produsen yang memproduksi motor dengan dukungan mesin diesel. Akan tetapi pada akhirnya kebanyakan dari mereka menyerah lantaran pasarnya hampir tidak ada.

Ada dua alasan mengapa mesin diesel tidak populer di kendaraan roda dua. Pertama terkait dengan biaya produksi. Dikatakan bahwa biaya produksi mesin diesel lebih mahal dari mesin bensin. Dengan begitu harga jual motor tersebut nantinya akan lebih mahal.

Alasan berikutnya adalah tenaga yang dihasilkan tidak sebanding dengan bobot motor. Walaupun mesin diesel dapat menghasilkan torsi yang lebih besar, namun sepeda motor yang digunakan di jalan raya lebih membutuhkan tenaga kuda yang lebih besar dari torsi. Itulah mengapa jarang kita jumpai sepeda motor mesin diesel.

Source: motor bahan bakar solar, sepeda motor berbahan bakar solar, motor berbahan bakar solar, sepeda motor bahan bakar solar, mesin rakitan motor, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply