Home Mobil Tips Mudik dengan Mobil Diesel, Perhatikan Bagian Ini

Tips Mudik dengan Mobil Diesel, Perhatikan Bagian Ini

0 1499

Tips Mudik dengan Mobil Diesel, Ada banyak pilihan untuk masyarakat yang ingin mudik Lebaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan mobil diesel. Mudik dengan mobil diesel diklaim menjadi salah satu pilihan yang baik. Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil diesel memiliki torsi yang lebih besar dari mobil bermesin bensin. Di samping itu harga bahan bakar mesin diesel juga lebih murah.

Kendati demikian, jika Anda memutuskan menggunakan mobil diesel untuk mudik tahun ini, jangan lupakan perawatan khusus. Persiapan ini harus dilakukan jauh sebelum Anda melakukan perjalanan mudik sehingga nantinya mobil tidak mengalami masalah.

Dilansir Otomania, Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) mengatakan, ketika hendak mudik dengan mobil diesel, sebaiknya perhatikan beberapa hal selain servis rutin.

“Secara perawatan, mobil diesel itu lebih ringkas dibandingkan mobil mesin bensin. Namun tetap ada sisi khususnya, yakni pada bagian filter udara dan bensin. Cek kondisinya secara rutin,” jelas Arifani.

Ia mengatakan, jika kondisi filter sudah kotor maka harus segera diganti dengan yang baru. Apabila hal tersebut tidak segera dilakukan, umumnya orang akan lupa dan dampaknya akan sangat merugikan pengguna saat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Dampak tersebut bisa lebih buruk jika pengguna lebih sering menggunakan bahan bakar berjenis bio solar.

“Filter saringan bensin selain berfungsi untuk menyaring kotoran juga menyaring air atau lebih sering disebut water sedimenter. Bagi yang suka isi solar jenis bio, hal ini harus dipantau secara teratur. Jenis Bio Solar ada nilai plus minusnya, disatu sisi bio diklaim lebih efesien, tapi dilain sisi bio juga punya kadar kandungan air yang tinggi dibandingkan jenis solar lainnya,” kata Arifani.

Apabila filter dibiarkan begitu saja, kemungkinan mobil akan sering kehilangan tenaga saat dalam perjalanan. Terlebih lagi di jalur mudik umumnya jarang memiliki BBM Solar dengan kualitas yang baik.

Source: mudik pake mobil bekas solar atau bensin, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply