Home Motor Cara Mengatasi Rem Tromol Bunyi, Cukup Bersihkan dari Kotoran

Cara Mengatasi Rem Tromol Bunyi, Cukup Bersihkan dari Kotoran

0 804

Cara Mengatasi Rem Tromol Bunyi, Musim hujan terkadang memberikan permasalahan tersendiri bagi para pemilik kendaraan bermotor. Di saat seperti itu, salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pemilik sepeda motor adalah munculnya bunyi berdecit pada rem tromol sepeda motor.

Biasanya masalah tersebut muncul saat setelah sepeda motor digunakan untuk melintasi hujan deras dan genangan air di jalan.

“Bunyi berdecit biasanya timbul keesokan harinya setelah motor selesai dipakai sehabis hujan. Ini permasalahan yang biasa terjadi pada motor di Musim Hujan,” ujar Rustam, mekanik senior AHASS Bintang Motor Pondok Bambu, dikutip dari Otomania.

Rustam mengatakan, sumber masalah bunyi pada rem tromol adalah adanya kotoran di sekitar mekanisme rem. Beberapa bagian seperti roda, pengait tuas rem dan bagian dalam tromol bisa dihinggapi kotoran setelah digunakan untuk berkendara di bawah siraman hujan.

Untuk mengatasi rem tromol yang mengeluarkan bunyi bisa dilakukan dengan cara membuka tutup tromol dan membersihkan bagian-bagian rem satu per satu. Untuk membersihkan kotoran Anda dapat memakai sikat kawat pada bagian sela-sela tromol.

Di samping itu bisa juga dengan menggunakan bensin pada bagian tutup tromol. Khusus untuk bagian kampas rem dan tromol inti dianjurkan untuk dilap dengan air hingga tidak ada kotoran tersisa.

Tidak hanya itu, cara lainnya adalah dengan mencuci sepeda motor sesudah terkena hujan. Walaupun terdengar sepele, hal ini sering diabaikan oleh pemilik sepeda motor. Padahal kebiasaan mencuci motor bisa mencegah timbulnya suara pada rem tromol.

“Cara lainnya adalah dengan segera mencuci sepeda motor. Takutnya kotoran yang dibiarkan menempel dan tidak segera dihilangkan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari seperti karat dan merembet pada bagian lain. Bisa-bisa biaya perbaikan malah lebih besar,” kata Rustam.

Baca Juga : Cara Merawat Rem Tromol Motor

Source: mengatasi rem tromol bunyi, cara mengatasi rem sepeda yang berbunyi, cara mengatasi rem tromol berbunyi pada mobil, cara mengatasi rem tromol yang berbunyi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply