Friday, June 24th, 2016 - Auto News, Honda, MPV
Selamat Datang, Di situs Indonesiautosblog yang mengulas berbagai informasi terkait dengan dunia otomotif baik dari roda empat ataupun roda dua yang mungkin Anda butuhkan. Seperti yang kami ulas secara detail pada artikel berikut di bawah ini, LCGC 7 Penumpang Honda Akan Tampil Beda dari Pesaing.

LCGC 7 Penumpang Honda Terbaru, Beberapa waktu lalu jagat otomotif di Tanah Air dihangatkan dengan kabar mengenai akan lahirnya duo MPV murah besutan Toyota dan Daihatsu. Menurut kabar mobil tersebut akan hadir dengan mengusung nama Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Lalu akankah merek lain mengikuti langkah Toyota dan Daihatsu untuk menantang model MPV Datsun Go+ Panca di kelas low cost green car (LCGC)?

Salah satu produsen mobil yang berpotensi menerjunkan MPV murah adalah Honda. Seperti yang diketahui, sejauh ini Honda memiliki Brio Satya yang berwujud city car. Akan tetapi Honda terlihat masih menutup rapat mengenai hal tersebut. Seperti biasa, pabrikan mobil asal Negeri Matahari Terbit itu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Ketika ditanya mengenai kesiapan Honda untuk menghadapi persaingan Toyota, Daihatsu dan Datsun di segmen MPV murah LCGC 7 penumpang, Honda hanya mengungkapkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum memutuskan seperti apa produknya nanti. Tak terkecuali basis pengembangan untuk MPV murah 7 seater-nya itu. Hangat diperbincangkan bahwa pabrikan mobil berlambang ‘H’ ini akan menggunakan platform Honda Brio yang akan diperpanjang agar dapat memuat tujuh orang penumpang.

“Kita enggak ikut produk (LCGC 7 Seater) yang sama dengan kompetitor. Kalau Brio dipanjangkan, kan jadinya Mobilio. Kita belum putuskan apakah pakai platform yang sudah ada, atau pakai platform baru yang berbeda,” kata Jonfis Fandy, Direktur Marketing and Aftersales Service Honda Prospect Motor, sebagaimana dilansir Otomotifnet.

Lebih jauh Jonfis mengatakan, sama halnya dengan mobil-mobil Honda lainnya, setiap segmen yang akan dimasuki akan memiliki pembeda dan keunikan tersendiri. “Tidak aka sama dengan kompetitor, Honda selalu begitu. Kita ingin selalu unggul, baik dari desain dan teknologi,” terang Jonfis.

MPV Honda 2016 2

“Kita gak ikut produk yang sama. Buat kami, MPV 7 seater ya harus 7 seater, tidak ada namanya 5+2 atau apapun penyebutannya. Jadi tunggu saja sampai konsumen kami menginginkan itu, ya kita sediakan,” kata dia.

Dengan kata lain, jika nantinya Honda menerjunkan MPV murah tujuh penumpang di Tanah Air, maka mobil tersebut akan memiliki keunggulan yang lain dari kompetitor yang sudah hadir lebih dulu.

Jonfis mengakui bahwa segmen LCGC 7 seater memiliki potensi, walaupun belum diketahui seberapa besar kedepannya. “Saat ini hanya Datsun GO, jadi belum terlihat. LCGC pun belum tumbuh besar. Honda selalu membuat mobil dari apa yang konsumen mau, bukan dari apa yang kita punya. Jadi tidak akan pernah sama dengan kompetitor,” ungkap Jonfis.

Sayangnya Honda tidak ingin terburu-buru untuk meluncurkan LCGC 7 penumpang buatannya. Sebab ada beberapa hal yang perlu dipelajari oleh Honda.

“Kami pastikan belum tahun ini. LCGC juga belum tumbuh besar. Dan apakah nantinya akan saling memakan antar produk kami, itu perlu dipelajari, karena kami sudah banyak produk 7 seater,” papar Jonfis.

Ia mengungkapkan, butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghadirkan satu mobil baru. Terlebih lagi jika harus mempelajari selera dan kebutuhan konsumen. Oleh karenanya Jonfis berpendapat tidak perlu terburu-buru untuk segera mengikuti tren yang sebenarnya masih berupa potensi. “Santai saja. Kita pelajari dulu. Pastinya Honda tidak akan sama. Kalau perlu kita buka segmen baru,” ujarnya.

Terlepas dari hal tersebut, kehadiran MPV murah yang semakin beragam akan memberikan keleluasaan bagi calon konsumen yang ingin membeli MPV dengan harga terjangkau. Di sisi lain segmen MPV saat ini masih menjadi model terlaris, meskipun ada pergeseran tren ke segmen SUV. Berkembang atau tidaknya pasar LCGC 7 seater akan ditentukan nanti saat Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah resmi dipasarkan di Indonesia.

Related Posts

KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

INDONESIAUTOSBLOG

×