Home Auto News Suzuki Ignis Indonesia Segera Hadir, Gantikan Splash?

Suzuki Ignis Indonesia Segera Hadir, Gantikan Splash?

0 1611

Suzuki Ignis Indonesia 2016, Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghabiskan stok Splash setelah Maruti Suzuki di India menghentikan produksi model tersebut. Yang menjadi pertanyaan, model apa yang akan menggantikan Suzuki Splash di Indonesia?

Melihat jajaran mobil Suzuki, ada satu produk yang cukup potensial diposisikan sebagai penerus Splash. Mobil tersebut adalah Suzuki Ignis. Melihat ukurannya yang mungil, mini crossover ini dinilai tepat untuk menjadi pengganti Suzuki Splash. Terlebih lagi pasar SUV di Tanah Air sedang naik daun.

Sebagai gambaran, Suzuki Ignis merupakan mobil kompak yang melebarkan batas kehidupan sehari-hari dengan aktivitas di waktu luang. Berstatus sebagai mini crossover, model ini memiliki ground clearance yang tinggi layaknya mobil SUV pada umumnya. Tampilannya terlihat menarik, dengan bodi cenderung mengotak seperti Suzuki Jimny.

Sebelum dirilis secara global, mobil Suzuki ini pertama kali menjalani debut dunia di Tokyo Motor Show. Mobil ini mempunyai panjang 3,7 meter, dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,5 meter. Sedangkan ground clearance-nya mencapai 180 mm.

Sementara di bagian interior terdapat panel layar sentuh yang tersemat di bagian dashboard. Di bagian penumpang hanya bisa memuat dua orang saja, dengan jok semi-bucket di baris kedua. Ada dua pilihan warna untuk kabin Ignis, yakni hitam dan orange.

Suzuki Ignis 2016 1

Di sektor dapur pacu, Suzuki menawarkan mobil mungil ini dengan mesin berkapasitas kecil, yakni 1.0 liter dan 1.2 liter turbo. Jika dipasarkan di Tanah Air, bisa saja Ignis mengandalkan mesin 1.2 liter tanpa turbo agar harganya bisa lebih kompetitif.

Suzuki Ignis dilengkapi dengan sejumlah fitur penunjang keselamatan. Antara lain airbag, ABS dan EBD, ESP, Hill-Hold, hill descent control, lampu depan otomatis, dan lampu depan. Disematkan pula lampu kabut menggunakan LED.

Ada pula fitur lain yang ditawarkan pada mobil ini, seperti automatic climate control, cruise control, keyless entry dengan tombol start mesin, pemanas pada jok depan, pelek 16 inci, dan ban berukuran 175/60.

Pada saat pertama kali dirilis, mini crossover andalan Suzuki ini dijual dengan harga mulai 1.382.000 yen atau mencapai Rp 163 jutaan sampai 1.773.000 yen atau setara Rp 210 jutaan. Ignis dipasarkan dalam tiga varian, antara lain MG, MX dan MZ. Seluruh varian ditawarkan dengan sistem penggerak dua roda (2WD) sebagai pilihan standar dan empat roda (4WD) untuk opsional.

Kabar mengenai Suzuki Ignis ini pernah diungkapkan oleh seorang sumber dari Otomotifnet. Saat itu dia mengatakan bahwa di penghujung tahun ini Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan merilis mini crossover tersebut.

“Kayaknya Baleno malah enggak jadi. Akhir tahun kita sedang menyiapkan kehadiran Suzuki Ignis. Tau kan mobilnya?” ujarnya saat itu.

Bocoran informasi ini sejalan dengan strategi SIS yang kini tampaknya lebih fokus untuk menghadirkan mobil kecil di Tanah Air. Pertama diawali dengan hadirnya Suzuki Celerio. Setelah itu produsen mobil asal Jepang ini dikabarkan juga akan kembali memasarkan Jimny di Indonesia. Tidak berhenti sampai di situ saja, Suzuki dikabarkan juga tengah mencari ide untuk memperbaharui Karimun Wagon R. kabar terhangat mengatakan bahwa SIS tengah menyiapkan varian baru Karimun Wagon R versi crossover.

Seain itu Suzuki S-Cross yang diposisikan sebagai penerus Suzuki SX-4 juga santer dikabarkan akan hadir di Indonesia. Seluruh model terbaru ini merupakan mobil kecil yang bisa menjadi pilihan baru bagi masyarakat Indonesia. Untuk informasi selanjutnya, kita nantikan saja kabar resmi dari SIS.

Source: ignis indonesia, gambar suzuki ignis, beat 2013 hitam modifikasi pelek ori ban ukuran kecil, gambar suzuki ignis indonesia, suzuki ignis hitam, suzuki ignis pics, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply