Home Auto News Mazda CX-3 Indonesia 2016 Segera Sapa Pecinta Crossover

Mazda CX-3 Indonesia 2016 Segera Sapa Pecinta Crossover

0 794

Mazda CX-3 Indonesia 2016, Saat ini segmen small SUV atau crossover di Indonesia sedan diminati oleh masyarakat. Hal ini menarik perhatian sejumlah merek untuk menghadirkan crossover andalannya. Langkah serupa juga diambil oleh Mazda. Produsen mobil asal Jepang itu berencana untuk meluncurkan crossover baru, CX-3 di Indonesia.

Informasi ini disampaikan oleh Keizo Okue, Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia (MMI) di tengah acara buka pusa bersama media otomotif Nasional di Jakarta, Jum’at (24/6/2016).

“CX-3, kami sedang siapkan. Saya tidak bisa mengatakan kapan. Tapi kami sedang mempersiapkannya,” ungkap Okue, dikutip dari DetikOto.

Ia menilai, segmen SUV kecil di Tanah Air cukup menarik perhatian Mazda, walaupun perekonomian Indonesia belum tumbuh. Okue berpendapat, populasi generasi muda dan pasangan muda yang cukup banyak di Indonesia menjadi salah satu faktor segmen SUV kecil bisa tumbuh.

“Meski perekonomian saat ini belum bertumbuh, tapi saya pikir ada potensi yang sangat besar di sini, di Indonesia, melihat segmen SUV yang bertumbuh, khususnya SUV kecil. Karena populasi generasi muda sekarang cukup banyak, dan pasangan muda dengan anak satu atau pasangan muda yang belum memiliki anak, mungkin jumlahnya cukup banyak,” jelas Okue.

Generasi muda inilah yang dinilai cocok dengan segmen SUV kecil sekelas Mazda CX-3. Hal tersebut menjadi alasan Mazda berkeinginan untuk menghadirkan crossover tersebut ke Tanah Air.

Kehadirannya di Indonesia tentu membawa keunggulan yang membuatnya bisa bersaing dengan kompetitor sekelasnya. CX-3 ini baru saja mendapat rating yang bagus untuk keselamatan. SUV terbaru mazda ini memperoleh rating 5 bintang dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP). Mobil ini berhasil mendapat rating keselamatan yang tinggi lantaran memiliki bodi yang ringan, namun mempunyai rigiditas tinggi dari bodi SKYACTIV Mazda.

Mazda CX-3 Indonesia 2016 2

Mazda CX-3 diluncurkan di Jepang dan dipasarkan di Amerika pada Agustus 2015 kemarin. Crossover andalan Mazda ini dipersenjatai dengan mesin berbahan bakar bensin yang memiliki kapasitas sebesar 2.0 liter SKYACTIV-G. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis enam percepatan dan sistem penggerak roda depan. Mobil ini juga diproduksi Mazda di Negeri Gajah Putih, Thailand. Jika dipasarkan di Tanah Air, kemungkinan besar SUV kompak tersebut diimpor dari sana.

Ada alasan tersendiri mengapa hingga saat ini Mazda belum memperkenalkan mobil tersebut di Indonesia. MMI ingin memastikan bahwa kapasitas produksi CX-3 sudah cukup untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia.

“Jadi unit yang lagi ditunggu-tunggu ini memang secara global sangat sukses di region lain. Yang kita hadapi saat ini, kita lagi memastikan kapasitas produksi untuk Indonesia. Karena saat ini untuk kapasitas produksi di Mazda lagi sangat ketat terkait beberapa unit yang mengalami permintaan yang sangat tinggi melebihi forecast. Sehingga otomatis yang lagi kita secure adalah jadwal kapasitas untuk market Indonesia. Dan ini memang masih work in progress. So please wait. Tapi yang pasti kita pasti bawa,” papar Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI.

Astrid menjelaskan, pihaknya ingin memastikan bahwa saat Mazda menghadirkan CX-3, kapasitasnya sudah terjaga untuk pasar otomotif nasional. Dengan demikian permintaan konsumen dapat terpenuhi.

“Kan enggak lucu kalau kita mengutamakan kecepatan waktu peluncuran tapi kapasitasnya dari sana terbatas, nanti itu malah jadi bumerang. Karena nanti kalau saat launching dan permintaan pasar yang sangat tinggi, tapi suplai dari kita belum terjaga (tidak ada unit) nanti yang terjadi adalah opportunity loss, orang kecewa karena enggak dapat barang yang cepat, bergulir (beralih) ke yang lain, intinya nanti malah jadi penjualan kurang maksimal,” jelas Astrid.

Ia menilai, momen meluncurkan model baru sangat penting. Karena Mazda harus menjaga suplai untuk memenuhi permintaan konsumennya.

“Dan momen itu bukan dari segi timingnya saja, tapi bagaimana memanfaatkan momentum dari pertama kali launching dan menjaga demand itu terpenuhi. Untuk itu kami harus memastikan kapasitasnya sudah aman buat Indonesia. Itu yang sedang kami lakukan sekarang,” ujarnya.

Lantas apakah SUV kompak tersebut akan hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang?

“Tunggu saja, saya enggak bisa nyebut kapan,” jawab Astrid.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply