Home Auto News Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Assen Belanda

Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai Seri Assen Belanda

0 979

Klasemen MotoGP 2016 Assen, Balap MotoGP kali ini berlangsung dengan penuh drama dan kejutan. Untuk pertama kalinya Jack Miller meraih juara di ajang MotoGP setelah finis di posisi terdepan. Cuaca yang saat itu tak menentu dan disertai hujan deras tak membuat Miller gentar sehingga ia berhasil mengasapi rider lain di Sirkuit Assen, Belanda.

Pembalap asal Australia itu memenangkan lomba dengan catatan waktu 22m 17.447 detik. Tepat di belakangnya ada Marc Marquez yang mengamankan posisi runner up. Pembalap Repsol Honda ini membukukan waktu 22m 19.438 detik.

Selain Miller, Scott Redding juga berhasil meraih hasil positif. Pembalap Octo Pramac Yakhnich yang menunggangi Descmosedici GP15 ini berhasil menduduki podium ketiga. Keberhasilan ini sekaligus menjadi kemenangan pertama di musim ini.

Sementara itu, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa gagal mempertontonkan penampilan terbaiknya. Dua pembalap ini tidak berhasil menemukan settingan terbaik untuk motor yang mereka gunakan, meski perlombaan sempat dihentikan karena cuaca yang semakin buruk.

Lorenzo hanya berhasil finis di urutan ke-10 dengan catatan waktu 22m 45.051 detik. Sementara rekan satu tim Marquez, Pedrosa mencatatkan waktu 24m 11.816 detik.

MotoGP Assen 2016 4

Setidaknya ada 8 pembalap yang tidak dapat meneruskan pertandingan di MotoGP Assen 2016. Salah satunya adalah pembalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi.

Ia tergelincir keluar lintasan dan retired di 10 lap terakhir. Ini merupakan ketiga kalinya Rossi gagal menyentuh garis finis di musim 2016. Sebelumnya Rossi juga retired di kampung halamannya, Mugello, Italia dan Austin, Texas.

“Sungguh disayangkan mengingat kami memiliki level bagus dalam hal kecepatan dan daya saing di akhir pekan ini, dengan motor kami di trek ini,” kata pembalap berusia 37 tahun itu, dilansir DetikOto dari Motorsport.

“Di putaran itu, aku mencoba untuk menekan guna memahami levelku. Saat itu kami memulai dengan sebuah ban belakang lunak, yang menghasilkan daya cengkram yang sangat baik tapi sayangnya aku memasuki tikungan 10 terlalu cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, Marquez mengatakan finis di urutan kedua seperti sebuah kemenangan.

“Di bagian kedua balapan Valentino amat menekan, aku bilang ‘baiklah, aku tidak bisa mengikuti dia’. Aku membalap sendiri, tidak stres ataupun panik. Valentino sangat menekan, dalam dua lap dia membuka (jarak) dua atau tiga detik. Dia benar-benar cepat. Aku juga menekan, tapi sebisaku saja.”

“Tapi ketika aku melihat dia jatuh, dan Lorenzo (jauh) di belakang, aku melihat Miller berada di belakangku dan ketika dia melewatiku, aku cuma mengikuti dia saja. Finis kedua ini seperti sebuah kemenangan, karena balapannya dalam kondisi kritis dan 20 poin yang kudapat akan sangat penting di akhir kompetisi,” jelas pembalap asal Spanyol itu.

Klasemen Sementara MotoGP 2016 Usai GP Assen:

  1. Marc Marquez Repsol Honda Spanyol : 145 poin
  2. Jorge Lorenzo Movistar Yamaha Spanyol : 121 poin
  3. Valentino Rossi Movistar Yamaha Italia : 103 poin
  4. Dani Pedrosa Repsol Honda Spanyol : 86 poin
  5. Maverick Vinales Suzuki Ecstar Spanyol : 79 poin
  6. Aleix Espargaro Suzuki Ecstar Spanyol : 72 poin
  7. Hector Barera Avintia Spanyol : 58 poin
  8. Andrea Iannone Ducati Italia : 52 poin
  9. Pol Espargaro Monster Yamaha Tech 3 Spanyol : 49 poin
  10. Eugene Laverty Aspar Irlandia Utara : 48 poin
  11. Andrea Dovizioso Ducati Italia : 43 poin
  12. Stefan Bradl Aprilia Racing Team Jerman : 37 poin
  13. Jack Miller Marc VDS Australia : 33 poin
  14. Bradley Smith Monster Yamaha Tech 3 Inggris : 32 poin
  15. Scott Redding OCTO Pramac Yaknich Inggris : 32 poin
  16. Michele Pirro Ducati Italia : 18 poin
  17. Alvaro Bautista Aprilia Racing Team Spanyol : 14 poin
  18. Tito Rabat Marc VDS Spanyol : 11 poin
  19. Cal Crutclow LCR Honda Inggris : 10 poin
  20. Danilo Petrucci OCTO Pramac Yaknich Italia : 8 poin
  21. Loris Baz Avintia Prancis : 4 poin
  22. Yonny Hernandez Aspar Kolombia : 3 poin

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply