Home Auto News Penggunaan Winglet MotoGP Dilarang Mulai Musim 2017

Penggunaan Winglet MotoGP Dilarang Mulai Musim 2017

0 1037

Winglet MotoGP, Tahun ini ada pemandangan berbeda di ajang balap MotoGP. Banyak motor balap yang menggunakan sayap tambahan atau winglet. Kabar terbarunya, mulai tahun depan penggunaan aksesori tersebut dilarang. Dengan begitu pemakaian winglet hanya diperbolehkan hingga akhir musim 2016 ini.

Peranti aerodinamika ini kembali berada di grid MotoGP pada 2015. Tim Ducati menjadi pioner tren penggunaan sayap tambahan tersebut. Bahkan tim pabrikan asal Italia itu terus melakukan pengembangan.

Tren tersebut langsung menjangkiti tim pabrikan lain. Semua pabrikan MotoGP memakai sayap tambahan dengan berbagai varian berbeda tahun ini. Suzuki dan Aprilia menjadi yang terakhir menggunakannya di Jerez pada bulan April kemarin.

Sejatinya tujuan utama penggunaan winglet pada motor MotoGP adalah untuk menghasilkan downforce di bagian depan ketika motor berakselerasi. Dengan demikian mengurangi potensi motor terangkat atau wheelie.

Winglet MotoGP 2016 2

Baca Juga : Susunan Pembalap MotoGP 2017

Akan tetapi tidak semua pihak setuju dengan penggunaan perangkat tersebut. Ada pula yang tidak setuju lantaran hal tersebut akan mengganggu keamanan para pembalap selama pertandingan berlangsung. Banyak pembalap yang mengungkapkan bahwa pemakaian winglet bisa merobek pakaian balap saat bertarung jarak dekat.

Beberapa pembalap telah menyatakan keprihatinan keselamatan karena resiko cedera sayatan, ditambah turbulensi yang dihasilkan dan pengganggu pembalap di belakang. Tidak hanya itu saja, aksesori tersebut juga berdampak pada meningkatnya biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan. Argumen seputar keselamatan dan biaya disanggah oleh Ducati yang merupakan pencetus tren winglet di MotoGP.

Dalam pertemuan Grand Prix Commission – DORNA, FOM, IRTA dan MSMA – di Assen, Belanda hari Sabtu (25/6), telah disepakati bahwa mulai musim 2017 mendatang penggunaan sayap aerodinamika di kelas MotoGP akan dilarang. Pemakaian winglet yang sesuai dengan paraturan teknis saat ini tetap diperbolehkan untuk dipakai hingga penghujung musim 2016.

Baca Juga : Bocoran Sirkuit MotoGP Palembang

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply