Home Auto News Komparasi Dimensi dan Mesin Daihatsu Sigra Vs GO+ Panca

Komparasi Dimensi dan Mesin Daihatsu Sigra Vs GO+ Panca

Komparasi Daihatsu Sigra Vs Datsun GO+ Panca, Sejauh ini hanya ada satu model yang masuk ke dalam segmen MPV murah 7 penumpang, yakni Datsun GO+ Panca. Hanya saja mobil ini mengusung konfigurasi kursi 5+2. Konfigurasi kursi ini dinilai nanggung sebab pada kursi baris ketiga tidak dapat digunakan oleh penumpang dewasa.

Hal ini tampaknya menjadi catatan penting dalam pengembangan Daihatsu Sigra. Melihat bocoran fotonya, mobil ini terlihat lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi dari GO+ Panca. Dengan begitu kenyamanan akan menjadi lebih terasa.

Sebagai perbandingan, panjang x lebar x tinggi Sigra yakni 4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm. sementara GO+ Panca memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.635 mm dan tinggi 1.490 mm. Sigra juga memiliki wheelbase yang lebih panjang, yakni 2.525 mm. Sementara GO+ Panca mencapai 2.450 mm.

Lalu ground clearance Sigra mencapai 180 mm, atau lebih rendah 20 mm dari Xenia. Sementara Datsun GO+ Panca sedikit lebih rendah, yakni 170 mm.

Selain dimensinya yang lebih besar, Daihatsu Sigra juga memiliki kabin yang lega mulai dari penumpang depan, kursi baris kedua dan ketiga, hingga kapasitas bagasi.

Luas kabin kursi depan mobil ini adalah 720 mm, sedangkan kursi baris kedua 690 mm dan kursi baris ketiga 640 mm. Ukurannya lebih luas dari GO+ Panca yang memiliki luas 690 mm di kursi depan, dengan baris kedua seluas 650 mm dan kursi baris ketiga yang hanya 590 mm.

Daihatsu Sigra 2016 Indonesia 3

 

Tidak hanya itu saja, ruang kepala MPV murah Daihatsu juga unggul dari rivalnya. Tinggi ruang kepala depan mencapai 940 mm, tinggi ruang kepala kursi baris kedua 920 mm dan tinggi ruang kepala baris ketiga 860 mm.

Sementara pada Datsun GO+ Panca sedikit lebih rendah. Tinggi ruang kepala penumpang depan 920 mm, tinggi baris kedua 900 mm dan tinggi ruang kepala baris ketiga 780 mm. Secara logika, ruang kepala yang lebih tinggi akan membuat penumpang lebih nyaman saat berada di dalam kabin.

Lalu bagaimana dengan bagasi belakang Sigra? Rupanya Daihatsu juga menawarkan ruang bagasi belakang yang lumayan luas. Pengguna dapat meletakkan tiga galon air di bagasi Sigra.

Kapasitas bagasi belakang LCGC 7 penumpang ini saat kursi baris ketiga tidak dilipat mencapai 263 liter. Jika ingin lebih luas, pengguna dapat melihat kursi baris ketiga sehingga mendapat ruang bagasi dengan luas 503 liter.

Saat kursi baris ketiga dilipat, pemilik dapat meletakkan galon air, boks minum besar, hingga tas yang berukuran besar. Kapasitas bagasi yang besar tentu akan memudahkan konsumen saat ingin membawa banyak barang bawaan.

Sementara untuk GO+ Panca hanya mencapai 48 liter. Jika ingin lebih luas, kursi baris ketiga dapat dilipat sehingga memperoleh kapasitas 347 liter. Lebih kecil dari bagasi milik Daihatsu Sigra.

Banyak orang yang bertanya-tanya seperti apa performa mesin MPV murah Daihatsu ini. Pasaknya mobil ini hanya mengandalkan mesin berkapasitas 1.000 cc yang sama dengan Ayla. Padahal secara bobot tentu lebih berat dari city car tersebut.

Daihatsu Sigra 2016 Indonesia 4

 

Rupanya, meski kapasitas mesin sama, namun teknologi yang dibenamkan berbeda. Sigra mengandalkan mesin berkode 1 KR-E dengan konfigurasi 3 silinder.  Sudah DOHC dan mengadopsi teknologi VVT-i serta Drive by wire. Dapur pacu ini memiliki tenaga sebesar 67 PS dengan torsi 8,9 Nm. Tenaga ini sedikit lebih kecil dari GO+ Panca bermesin 1.2L yang mempunyai daya 67,9 PS dengan torsi 10,4 Nm.

Sedangkan mesin kedua Sigra 1.3L berkode 3NR-VE, DOHC, dengan Dual VVT-i dan drive by wire. Tenaganya mencapai 88 PS dengan torsi 10,8 Nm.

Img source: http://otomotifnet.com

Source: sigra vs xenia, xenia vs sigra, daihatsu sigra vs xenia, sigra, sigra vs datsun go, sigra vs datsun, daihatsu sigra vs datsun go, sigra vs xenis vs datsun go, Panjang mobil Daihatsu sigra vs Datsun go, luasan mana kabin datsun go plus apa kalya sigra, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply