Home Balap 5 Fakta Unik Rider MotoGP, Ada Apa Saja?

5 Fakta Unik Rider MotoGP, Ada Apa Saja?

0 1423

Fakta Unik Rider MotoGP, MotoGP merupakan kelas tertinggi dari balapan sepeda motor. Banyak orang yang menggemari kejuaraan ini, bahkan tidak sedikit pula yang bermimpi untuk menjadi rider di balap MotoGP.

Ajang balap bergengsi ini diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). MotoGP pertama kali digelar pada tahun 1949 silam. Saat ini ada tiga kelas yang dikelompokkan berdasarkan kapasitas mesin, yakni Moto3, Moto2 dan MotoGP.

Motor balap yang digunakan dalam perlombaan tersebut dirancang secara khusus untuk keperluan balap dan tidak dijual untuk umum. Hal ini tentu berbeda dengan balap lain, seperti World Superbike yang mengandalkan versi modifikasi dari motor yang diproduksi massal.

Tidak hanya itu, balap motor ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang terletak pada pembalap itu sendiri. Sepanjang sejarah MotoGP, ada beberapa nama pembalap yang berhasil meraih prestasi gemilang. Valentino Rossi adalah salah satu di antaranya. Pembalap asal Italia yang sekarang bernaung di tim Movistar Yamaha itu telah meraih juara sebanyak tujuh kali.

Beberapa waktu lalu, Bradley Smith dari Monster Yamaha Tech 3 mengungkapkan beberapa fakta menarik tentang pembalap MotoGP. Mulai dari apa yang mereka alami sepanjang balap sampai hal-hal menarik yang terjadi di luar sirkuit.

MotoGP 2016 2

Berikut adalah beberapa fakta unik rider MotoGP, sebagaimana dilansir Liputan6 dari laman Telegraph:

Kecepatan pembalap di sirkuit rata-rata lebih dari 160 km/jam

Smith yang mengandalkan Yamaha YZR-M1 dapat melesat hingga kecepatan hampir 350 km/jam. Ia berpendapat, kecepatan rata-rata pembalap MotoGP hanya 177 km/jam. Namun itu sudah termasuk saat mereka melintasi tikungan.

“Motor ini punya tenaga 250 Tk, yang mana jauh lebih cepat dari mobil. Motor ini bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 2,6 detik,” kata Smith.

Berat motor dua kali lipat dibanding pembalap

Smith menuturkan, berat sepeda motor kira-kira mencapai 160 kg. Dengan kata lain itu sama dengan dua kali lipat berat pembalap itu sendiri (orang dewasa).

Oleh karena itu, para pembalap dituntut memiliki fisik dan kekuatan yang memadai. “Kelihatannya (mengendarai motor balap) memang mudah, tapi sebetulnya butuh kerja keras,” ungkapnya.

Harus memiliki fisik yang kuat

“Saya bersepeda untuk tetap fit. Bersepeda adalah olahraga yang benar-benar membantu karena MotoGP cukup sulit bagi tubuh,” ujar Smith.

Lantaran mengendarai motor balap tidak mudah, oleh karena itu setiap pembalap harus memiliki fisik yang bagus. Smith mengungkapkan, semua pembalap yang terjun di ajang MotoGP sudah mengetahui hal tersebut. Di samping itu mereka juga sudah memiliki jadwal latihan fisik secara reguler.

Pembalap mengeluarkan keringat hingga dua liter ketika balapan

Berkompetisi di ajang MotoGP memang tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang kerap menyulitkan pembalap, seperti bobot motor yang besar dan cuaca yang sangat panas.

“Keringat kami hilang bisa sampai dua liter dalam 45 menit. Apalagi saat balap di Malaysia yang punya suhu 36 derajat celcius, atau kelembaban 70 pc di Jepang, itu sangat memanaskan badan kita,” kata Smith.

Pembalap menggunakan pakaian yang kuat

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kostum andalan Batman yang melindungi tubuh sang super hero. Rupanya wear pack pembalap MotoGP juga memiliki kekuatan ekstra untuk melindungi pembalap itu sendiri. Dengan begitu, saat terjadi kecelakaan pada kecepatan tinggi para rider akan terlindungi. Bahkan bisa jadi lebih kuat dari Batsuit.

“Ada perlindungan yang baik di daerah siku, bahu, lengan, sarung tangan, buku-buku jari, dan sekitar telapak tangan. Kami juga punya pelindung dada, punggung, pinggul, tulang kering, dan lutut,” papar Smith.

Source: wear pack rider motogp, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply