Home Motor Tips Merawat Rantai Motor Agar Panjang Umur

Tips Merawat Rantai Motor Agar Panjang Umur

0 1165

Tips Merawat Rantai Motor, Para pemilik sepeda motor tentu tidak asing dengan rantai. Komponen ini menjadi salah satu bagian terpenting yang juga membutuhkan perawatan. Hanya saja banyak orang yang tidak menaruh perhatian lebih pada rantai motor. Padahal dalam beberapa kasus rantai putus dapat menyebabkan kecelakaan.

Mungkin saat di jalan Anda pernah menjumpai sepeda motor yang mengalami putus rantai atau rantai yang sangat kendur. Dikutip dari Metrotvnews, Yosi, pemilik bengkel di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat mengatakan, putus rantai disebabkan kurangnya perawatan pada rantai dan gir motor.

“Untuk mencegah hal tersebut, lakukan perawatan secara berkala minimal 3-4 bulan sekali untuk memperkecil keausan. Membersihkan rantai dan gir motor dengan cara dilepas, kemudian cuci menggunakan bensin atau air sabun,” jelasnya.

Di samping itu perawatan juga bisa dilakukan dengan melumasi rantai secara berkala. Kondisi rantai yang kering membuat daya tahan semakin berkurang dan rantai cepat kendur. “Jika melumasi rantai menggunakan oli usahakan pakai oli baru, dan pakai yang encer seperti SAE 10-15 atau dengan pelumas yang telah direkomendasikan, agar rantai dan gir lebih awet,” saran Yosi.

“Apalagi pada waktu musim hujan, harus ekstra perawatan. Karena air hujan dan cipratan kotoran, cenderung mempercepat usia pakai rantai dan gir,” tambahnya.

Penyetelan ketegangan rantai juga tidak boleh asal, harus pas. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Selain itu setelan rantai yang terlalu kencang justru membuat rantai cepat renggang.

“Kalau rantai sudah mulur (renggang) itu tandanya sudah harus diganti. Tapi ada yang menggunakan cara dengan memotong rantai biar bisa disetel lagi, meskipun tidak merekomendasikan dengan cara memotong rantai, tapi batas pemakaian paling lama satu bulan saja biar aman,” kata Yosi.

Ia menganjurkan, jika mengganti komponen rantai dan gir, pilih yang orisinal dan satu paket agar lebih awet dan terjamin kualitasnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply