Home Mobil Tips Mudik dengan Mobil, Jangan Lupa Periksa Ban Cadangan

Tips Mudik dengan Mobil, Jangan Lupa Periksa Ban Cadangan

0 1016

Tips Mudik dengan Mobil, Lebaran sebentar lagi, masyarakat biasanya akan melakukan rutinitas mudik atau pulang ke kampung halaman. Jika di musim mudik kali ini Anda menggunakan mobil pribadi, jangan lupa untuk memastikan kondisi ban cadangan yang ada di bagasi belakang atau kolong mobil.

Dikutip dari Otomania, Ahmad Nuril, Technical Service Bridgestone mengatakan, ban cadangan atau ban serep mempunyai peran yang penting ketika mobil dipakai untuk menempuh perjalanan jauh. Bahkan dapat diumpamakan sebagai ‘nyawa cadangan’.

“Orang cenderung lupa untuk melihat kondisi ban cadangan, padahal perannya bisa diumpamakan sebagai ‘nyawa cadangan’ ketika mengalami kondisi darurat di jalan,” kata Ahmad, di sela seremoni pelepasan Daihatsu Sahabat Mudik beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan, kebanyakan pemilik mobil lupa untuk memeriksa kondisi ban. Bahkan untuk sekadar melihat saja sangat jarang dilakukan. Kebanyakan para pemilik mobil hanya berpikir bahwa ban cadangan sudah ada dan siap dipakai. Padahal sama halnya dengan komponen lainnya, ban cadangan yang dibiarkan tanpa perawatan akan mengalami permasalahan seperti kempis.

“Sama seperti ban yang digunakan pada mobil yang jarang dipakai, otomatis lama kelamaan tekanan udara juga akan turun. Ini sudah menjadi hal yang biasa karena memang tiap bulan pasti tekanan udara bisa berkurang, apalagi jarang digunakan,” jelas Ahmad.

Ia mengatakan, khusus untuk ban cadangan sebaiknya tambah di atas ukuran standar ketika mengisi udara. Tujuannya agar tekanan udara yang keluar dengan sendirinya tidak terlalu signifikan. Dengan begitu, ban cadangan dapat segera dipakai saat pemilik membutuhkannya.

“Ban cadangan jarang sekali digunakan, kondisinya lebih lama diam di dalam ruangan, artinya hal ini akan membuat tekanan udara lebih cepat berkurang. Baiknya saat mengisi udara pada ban cadangan sedikit dilebihkan dari ukuran standar jadi kalau jarang dipakai udara yang keluar juga tidak terlalu banyak dan masih siap bila digunakan,” ujar Ahmad.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply