Home Mobil Tips Mengemudi di Tanjakan dengan Baik dan Benar

Tips Mengemudi di Tanjakan dengan Baik dan Benar

0 1427

Tips Mengemudi di Tanjakan, Tidak semua pengemudi sudah ahli dalam mengemudikan mobil. Kondisi jalanan yang bermacam-macam menuntut pengemudi dapat menguasai teknik-teknik berkendara.

Di jalanan sering kita jumpai beragam jenis tanjakan. Kadang kala para pemula merasa kebingungan ketika mengemudikan mobil di jalan yang penuh dengan tanjakan, terutama ketika mengemudikan mobil bertransmisi manual.

Ketika mobil berhenti sementara pada jalanan yang menanjak, masih banyak dijumpai pengendara yang menggantung kopling sambil menahan pedal gas. Padahal cara semacam itu dapat mempengaruhi umur pemakaian kopling.

“Apalagi jika situasi di jalanan tersebut mengharuskan kita untuk berhenti dalam waktu yang sebentar maupun lama, lebih baik menahannya menggunakan rem tangan,” jelas Subagyo, Kepala Bengkel Auto2000 Alam Sutera, dikutip dari Dapurpacu.

Jika tanjakan terlalu tinggi, dapat dibantu dengan menginjak pedal rem kaki sehingga kerja rem tangan bisa lebih ringan. Saat start dari tanjakan, mainkan putaran mesin sedikit lebih tinggi dan diikuti dengan melepas rem tangan secara perlahan. Jika teknik ini sering dilakukan pengendara akan terbiasa dengan sendirinya.

Saat menggunakan mobil dengan transmisi otomatis, cara yang dilakukan juga tidak berbeda. Sebagai contohnya Toyota Avanza E AT bermesin 1.3L. Jika pengendara memakai transmisi otomatis dan berhenti di tanjakan, posisikan tuas transmisi di N (Netral).

Urutannya adalah melakukan deselerasi dengan pedal rem kaki hingga mobil benar-benar berhenti. Lalu tarik tuas rem tangan dan menggeser tuas transmisi ke posisi N. Jika ingin melaju, posisikan tuas di D, kemudian lepas perlahan tuas rem tangan sembari menekan pedal gas secara pelan.

Usahakan jangan menahan laju dengan menginjak pedal rem kaki saat di tanjakan. Sebab cara semacam ini dapat memperpendek usia pemakaian CVT (Continuously Variable Transmission). Di samping itu piringan cakram yang panas lama-lama akan membuat permukaan tidak rata karena efek pemuaian.

Demikian adalah tips mengemudi di tanjakan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Source: njupir ditanjakan yg benar, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply