Home Auto News Hasil F1 Inggris 2016, Hamilton Dominasi Balapan Rio Gagal Finis

Hasil F1 Inggris 2016, Hamilton Dominasi Balapan Rio Gagal Finis

0 723

Hasil F1 Inggris 2016, Bermain di kampung halaman, Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan. GP Inggris hari Minggu (10/7/2016) diwarnai dengan gugurnya beberapa pembalap dan penalti yang diberikan kepada Nico Rosberg dan Sebastian Vettel. Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto juga menjadi salah satu pembalap yang gagal menyelesaikan pertandingan.

Balap F1 2016 ini dimulai dengan panduan Safety Car (SC) sebab trek digenangi hujan. Meski kondisinya yang cukup sulit, Lewis Hamilton dari tim Mercedes berhasil tampil dominan sepanjang balap yang berlangsung 52 lap itu.

Hujan deras sempat mengguyur lintasan 15 menit sebelum lomba dimulai. Namun hujan berhenti menjelang start. Kondisi ini membuat semua pembalap mengandalkan ban untuk kondisi trek basah.

Saat perlombaan dimulai, banyak mobil yang melintir atau keluar dari lintasan balap. Rekan satu tim Rio, Pascal Wehrlein menjadi korban pertama. Mobil yang ia gunakan melintir saat di lap ketujuh. Alhasil Wehrlein harus keluar dari pertandingan.

Rio juga bernasib sama dengan rekan setimnya itu. Manor MRT05 yang ia gunakan melintir ke hamparan kerikil di lap 26 sehingga membuat Rio tidak bisa meneruskan balapan. Ini merupakan pertama kalinya kedua pembalap Manor tidak berhasil menuntaskan balapan.

F1 Inggris 2016 2

Beberapa pembalap lain juga sempat keluar lintasan atau tergelincir, namun masih dapat kembali ke trek. Hal tersebut juga sempat menimpa Lewis Hamilton, Max Verstappen, Sebastian Vettel, Fernando Alonso dan banyak lagi.

Walaupun Hamilton tampil mendominasi sejak awal, balap F1 kali ini tidak terlalu membosankan. Sebab ada persaingan sengit yang melibatkan pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Max Verstappen dari tim Red Bull. Kedua pembalap ini saling memperebutkan posisi kedua.

Rosberg yang berada di belakang Hamilton sempat tergeser saat Verstappen mengambil alih posisi kedua darinya. Itu terjadi saat Rosberg masuk pit untuk ganti ban slick di lap 18. Keduanya terlibat persaingan jarak dekat atau wheel-to-wheel. Hanya saja Rosberg baru bisa menyalip di lap ke 38.

Walaupun finish di urutan kedua, setelah lomba usai kondisi Rosberg masih dalam penyelidikan. Saat girboks mobilnya bermasalah, ia memperoleh instruksi dari tim melalui komunikasi radio untuk mengatasi masalah tersebut.

Komunikasi radio yang bersifat membantu pembalap saat sedang bertanding dilarang keras oleh FIA. Atas kejadian tersebut Rosberg mendapat pinalti 10 detik sehingga membuat Verstappen mendapat podium kedua. Sementara Rosberg harus puas di urutan ketiga.

Hamilton yang meraih kemenangan di rumahnya sendiri dan di hadapan ribuan pendukungnya berhasil mengantongi kemenangan keempat di musim ini dalam lima balapan terakhir. Sang juara dunia tiga kali ini berhasil menyandingi rekor yang dibuat oleh Jim Clark yang berhasil menang GP Inggris tiga kali berturut-turut. Namun khusus di sirkuit Silverstone, Hamilton menjadi pembalap Inggris pertama yang meraih hat-trick.

Totalnya ia meraih empat kemenangan di GP Inggris, menyamai Nigel Mansell. Dengan kemenangan ini ia berhasil memangkas selisih poin dengan Rosberg di klasemen kejuaraan. Kini kedua pembalap Mercedes itu hanya terpaut 1 poin saja.

Hasil F1 Inggris 2016:

  1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 1jam 34mnt 55,831
  2. Max Verstappen Red Bull-TAG Heuer +8,2
  3. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +16,9 (penalti 10 detik)
  4. Daniel Ricciardo Red Bull-TAG Heuer +26,2
  5. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +69,7s
  6. Sergio Perez Force India-Mercedes +76,9
  7. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +77,7
  8. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Ferrari +85,8
  9. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +91,6 (penalti 5 detik)
  10. Daniil Kvyat Toro Rosso-Ferrari +92,6
  11. Felipe Massa Williams-Mercedes +1 lap
  12. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap
  13. Fernando Alonso McLaren-Honda +1 lap
  14. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +1 lap
  15. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap
  16. Esteban Gutierrez Haas-Ferrari +1 lap
  17. Kevin Magnussen Renault-Renault +3 lap

Tidak finish:

  • Jolyon Palmer Renault-Renault 37 lap
  • Rio Haryanto MRT-Mercedes 24 lap
  • Romain Grosjean Haas-Ferrari 17 lap
  • Marcus Ericsson Sauber-Ferrari 11 lap
  • Pascal Wehrlein MRT-Mercedes 6 lap

Fastest lap:

  • Nico Rosberg Mercedes-Mercedes 1:35,548 lap 49

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply