Home Auto News Klasemen Sementara F1 2016 Usai Seri Inggris

Klasemen Sementara F1 2016 Usai Seri Inggris

0 520

Klasemen Sementara F1 2016, Balap F1 Inggris yang berlangsung di sirkuit Silverstone Minggu (10/7/2016) tak lepas dari drama tergelincirnya beberapa pembalap dan penalti. Nico Rosberg yang sejatinya finis di urutan kedua harus rela turun ke peringkat ketiga setelah mendapat penalti dari penyelenggara. Sementara rekan satu timnya, Lewis Hamilton sukses mendominasi sejak awal balapan.

Ini menjadi kemenangan keempat dalam lima balapan terakhir bagi Hamilton. Dengan begitu ia berhasil mendekati Rosberg yang saat ini masih di puncak klasemen sementara. Perolehan poin kedua pembalap Mercedes ini hanya selisih 1 poin.

Saat memenangkan lomba, Hamilton sebenarnya masih tertinggal 4 poin dari Rosberg yang menyentuh garis finis di urutan kedua. Akan tetapi tiga jam setelah balapan pengawas lomba mengeluarkan pengumuman yang menganulir posisi kedua Rosberg. Hal ini terjadi lantaran ia mendapat bantuan dari tim Mercedes melalui komunikasi radio untuk mengatasi masalah girboks pada mobilnya.

Akibat pelanggaran tersebut Rosberg memperoleh penalti waktu 10 detik, sehingga membuatnya turun ke posisi ketiga. Secara otomatis Max Verstappen dari Red Bull naik satu peringkat di posisi kedua. Sebelumnya Rosberg dan Verstappen sempat terlibat pertarungan sengit saat balapan berlangsung. Dengan hukuman penalti tersebut, yang awalnya Rosberg memperoleh 18 poin berkurang menjadi 15 atau kehilangan 3 poin.

F1 Inggris 2016 3

Sementara Verstappen patut berbangga lantaran poin miliknya bertambah banyak. Kini ia berhasil mengantongi 90 poin. Sementara rekan setimnya, Daniel Ricciardo yang finis urutan keempat membuat tim Red Bull sukses mendulang 20 poin dari balap F1 GP Inggris.

Verstappen mengungkapkan bahwa dirinya puas dengan performa terbaiknya. “Sepertinya sepanjang pekan ini kita sangat kuat dan hasilnya terwujud di kualifikasi. Hasil terbaik di karir F1 dan pastinya yang terbaik yang bisa dilakukan kali ini,” ungkap Verstappen.

Anak pembalap senior Jos Verstappen itu berharap bisa mempertahankan posisi dan berusaha untuk lebih baik lagi. “Semoga saja bisa mempertahankan posisi, tentu saja sekaligus mencoba lebih baik dan bertarung. Bila hujan, kemungkinan bisa merapat ke Mercedes tapi bila tidak semampunya mempertahankan posisi dan sangat senang akan hasilnya,” kata dia.

Keberhasilan ini juga membuat tim asal Austria itu semakin mendekati tim berlambang kuda jingkrak, Ferrari di klasemen kejuaraan konstruktor. Ferrari masih menduduki peringkat kedua dengan perolehan 204 poin, disusul Red Bull dengan 198 poin, hanya selisih 6 poin saja. Sementara tim Mercedes masih unggul di posisi teratas dengan 355 poin.

Klasemen sementara F1 2016 Usai GP Inggris:

  1. Nico Rosberg Mercedes AMG Petronas F1 Team : 168 poin
  2. Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas F1 Team : 167 poin
  3. Kimi Raikkonen Scuderia Ferrari : 106 poin
  4. Daniel Ricciardo Red Bull Racing : 100 poin
  5. Sebastian Vettel Scuderia Ferrari : 98 poin
  6. Max Verstappen Red Bull Racing / Scuderia Toro Rosso : 90 poin
  7. Valtteri Bottas Williams Martini Racing : 54 poin
  8. Sergio Perez Sahara Force India : 47 poin
  9. Felipe Massa Williams Martini Racing : 38 poin
  10. Romain Grosjean Haas F1 Team : 28 poin
  11. Nico Hulkenberg Sahara Force India : 26 poin
  12. Carlos Sainz Scuderia Toro Rosso : 26 poin
  13. Daniil Kvyat Scuderia Toro Rosso / Red Bull Racing : 23 poin
  14. Fernando Alonso McLaren-Honda : 18 poin
  15. Jenson Button McLaren-Honda : 13 poin
  16. Kevin Magnussen Renault Sport F1 : 6 poin
  17. Stoffel Vandoorne McLaren-Honda : 1 poin
  18. Pascal Wehrlein Manor : 1 poin

Klasemen Sementara Konstruktor:

  1. Mercedes AMG Petronas F1 Team : 335 poin
  2. Scuderia Ferrari : 204 poin
  3. Red Bull Racing : 198 poin
  4. Williams Martini Racing : 92 poin
  5. Sahara Force India F1 Team : 73 poin
  6. Scuderia Toro Rosso : 41 poin
  7. McLaren-Honda : 32 poin
  8. Haas F1 Team : 28 poin
  9. Renault Sport F1 : 6 poin
  10. Manor : 1 poin

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply