Home Mobil 3 Permasalahan pada Kopling Mobil yang Perlu Diketahui

3 Permasalahan pada Kopling Mobil yang Perlu Diketahui

0 1074

Permasalahan pada Kopling Mobil, Kopling merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan, terutama pada mobil. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin ke transmisi. Di samping itu kopling juga bertugas untuk mengurangi perputaran mesin, saat akan memindahkan gigi transmisi agar bisa masuk dengan mudah.

Kopling tidak hanya ada pada mobil bertransmisi manual saja. Peranti ini juga terdapat pada kendaraan dengan transmisi matik. Meskipun keduanya memiliki perbedaan, yakni yang satu diatur otomatis, sedang yang manual diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengemudi melalui pedal khusus (pedal kopling).

Sama halnya dengan komponen lain, kopling juga bisa mengalami permasalahan, khususnya pada transmisi manual. Hal ini bisa membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Lantas apa saja permasalahan pada kopling mobil yang biasa dijumpai?

Berikut adalah tiga kerusakan yang terjadi pada kopling, dikutip dari KompasOtomotif:

Menggelincir (slip kopling)

Permasalahan ini terjadi lantaran adanya keausan pada permukaan pelat kopling. Di samping itu slip kopling juga bisa terjadi karena gemuk atau minyak sehingga koefisien gesek plat menurun. Kondisi ini memungkinkan kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin (mobil hilang tenaga). Apabila kondisi ini terjadi, mobil tidak dapat melaju kencang dan boros bahan bakar.

Getaran atau gesekan kasar

Kondisi ini terjadi ketika komponen kopling tidak berhubungan secara halus dan mobil seolah bergetar. Permasalahan ini bisa berasal dari plat kopling, matahari atau roda gila (flywheel) yang tidak rata.

Adanya bunyi saat gigi transmisi dipindahkan

Gejala terakhir yang biasa menimpa kopling adalah keluarnya bunyi ‘gemeretak’. Hal ini biasanya terjadi karena pelat kopling aus, atau pelat tidak kembali sempurna saat pedal ditekan (tetap menempel dengan flywheel). Gigi transmisi sulit dipindahkan. Meskipun bisa akan muncul suara kasar.

Apabila kondisi ini terjadi pada mobil Anda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Jangan menunda untuk mengganti komponen yang bermasalah jika itu memang diperlukan.

Source: pertanyaan di bengkel mobil tentang kerusakan transmisi dan kopling, permasalahan pada kopling mobil, pertanya seputar masalah kopling, pertanyaan tentang kopling untuk mahasiswa, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply