Home Auto News Apa Kelebihan BMW G310R Indonesia 2016?

Apa Kelebihan BMW G310R Indonesia 2016?

0 829

Kelebihan BMW G310R Indonesia Terbaru, Maxindo Moto Nusantara melakukan pembangunan diler BMW Motorrad di Jakarta Selatan. Hal ini merupakan langkah persiapan untuk menyambut datangnya banyak motor baru BMW. Salah satunya yang cukup menyita perhatian adalah rencana kedatangan BMW G310R.

Model yang digadang-gadang akan menjadi motor termurah BMW ini akan dipersenjatai dengan mesin 1-silinder berkapasitas 313 cc DOHC berpendingin cairan. Motor ini juga merupakan roadster pertama BMW Motorrad di bawah 500 cc. G310R dikembangkan bersama dengan produsen motor asal India, TVS. Langkah ini merupakan strategi BMW Motorrad untuk memperluas jangkauan pasar.

BMW G310R dirancang sebagai kendaraan yang fleksibel dengan performa yang dinamis. Motor ini juga bisa menjadi pilihan menarik bagi bikers pemula.

Dilansir dari KompasOtomotif, Joe Frans selaku CEO Maxindo mengungkapkan beberapa keunggulan yang dimiliki motor terbarunya.  “Yang menarik, mesin G310R itu efisien, jadi cukup hemat. Satu hal yang bisa dilihat langsung, silindernya miring berapa derajat. Kemiringannya agar flow dari pembakaran dan intake membuatnya semakin efisien,” papar Joe.

Dikutip dari Motorcycle-usa, silinder mesin miring ke belakang dan kepala silindernya diputar 180 derajat. Menurut BMW Motorrad, desain ini berfungsi untuk membuat titik pusat gravitasi semakin rendah. Dengan mesin tersebut BMW G310R dapat menghasilkan tenaga 34 hp dengan torsi maksimum 28 Nm.

BMW G310R 2016 Indonesia 2

Motor sport ini juga sudah dilengkapi dengan sistem ABS (Antilock Brake System) dual channel yang menjadi kelengkapan standar. Menariknya lagi, suspensi depan menggunakan model upside-down. Sementara untuk sistem pengeremannya mengandalkan piringan tunggal berukuran 300 mm dengan kaliper radial empat piston. Lalu untuk rem bagian belakang menggunakan piringan berukuran 240 mm dengan kaliper dua piston. Rem tersebut menemani ban berukuran 110/70 R17 di bagian depan dan 150/60 R17 di bagian belakang.

Bobot G310R juga tidak terlalu berat, yakni hanya 158 kg dan diklaim terbaik di kelasnya. Bobot yang ringan akan membuat motor mudah melalui berbagai medan. Di samping itu konsumsi bahan bakarnya juga diklaim kompetitif. Posisi berkendara motor ini dirancang tegak dan tinggi. Dengan demikian, motor bermesin 1 silinder ini dapat digunakan untuk melakukan perjalanan jauh.

Yang menjadi catatan, konsumen di Indonesia cenderung lebih menyukai motor bermesin 2 silinder. Lantas apakah motor baru BMW ini nantinya bisa bersaing dengan produk lain?

Joe menjelaskan bahwa jumlah silinder bukan menjadi patokan mesin motor bagus atau tidak. “Contoh mesin boxer BMW 2-silinder, ini bukan masalah silinder. Tapi desain mesinnya,” terangnya.

Untuk performa, mesin 2 silinder memang tidak bisa dikatakan lebih baik. Hanya saja, kelebihan mesin ini terletak pada suara stereo yang dihasilkan saat knalpot diganti versi performa. Itulah yang membuatnya banyak disukai orang.

Sayangnya Joe belum bisa mengungkapkan harga BMW G310R untuk pasar Indonesia. Sebab pihak prinsipal belum memberikan keterangan mengenai harga modal dari motor tersebut. Meski begitu motor ini dipastikan akan hadir pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.

Hanya saja, walaupun akan hadir tahun ini, G310R rencananya baru akan dipasarkan pada tahun depan. Sebelum menjual motor ini Maxindo akan fokus pada model lain. Salah satunya yang disiapkan untuk pecinta roda dua di Tanah Air adalah R Nine T Scrambler.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply