Home Auto News Fitur dan Mesin Daihatsu Ayla Versi Sedan 2016 Malaysia

Fitur dan Mesin Daihatsu Ayla Versi Sedan 2016 Malaysia

0 475

Sedan Daihatsu Ayla 2016, Daihatsu Ayla merupakan mobil yang menempati kelas mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Mobil ini merupakan saudara kembar dari Toyota Agya. Sementara di Negeri Jiran, Malaysia, platform Daihatsu Ayla digunakan oleh Perodua untuk memproduksi city car Axia. Kabar terbaru menyebutkan bahwa pemimpin pasar Malaysia itu tengah menyiapkan Axia versi sedan. Mobil baru tersebut diberi nama Perodua Bezza.

Perlu diketahui, sudah lebih dari satu dekade Perodua merencanakan untuk menghadirkan sedan murah yang ditujukan pembeli mobil pertama. Sebab masyarakat di Malaysia lebih suka sedan, meski model terlaris di sana adalah Perodua Myvi yang merupakan saudara kembar hatchback Daihatsu Sirion di Indonesia.

Bezza mempunyai nama kode D63D. Versi konsep D63D telah diperkenalkan di Kuala Lumpur International Motor Show 2010. Menurut kabar dai Paultan.org, sebagaimana dikutip Kompas, President Perodua Datuk Aminar Rashid Salleh mengatakan bahwa nama Bezza diambil dari kata ‘Beza’ dalam bahasa Malaysia yang memiliki arti ‘berbeda’.

Bezza mengusung wheelbase dengan panjang 2,455 mm, dengan lebar 1,62 m dan tinggi 1,5 m. Dimensinya sama seperti Axia, hanya saja dibuat lebih panjang 0,51 m lantaran overhang depan dan tambahan bagasi. Walaupun memakai satu basis, panel bodi Bezza berbeda dengan Axia.

Salah satu fitur menarik yang dihadirkan pada sedan ini adalah jok belakang yang bisa dilipat 60:40. Fitur ini jarang dijumpai pada sedan baru. Walaupun jok tidak dapat dilipat sama rata, namun fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk membawa barang-barang panjang.

Perodua Bezza Advance 2016 2

Di sektor dapur pacu, Perodua Bezza akan dijual dalam dua pilihan mesin, yakni 3-silinder berkapasitas 1.0L 1KR-VE dan 4-silinder 1.3L 1NR-VE. Mesin 1.0L ini berbeda dari Axia yang mengandalkan mesin 3-silinder 1.0L 1KR-DE2. Tenaga mesin milik Bezza sedikit lebih besar, yakni mencapai 67 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 91 Nm pada putaran 4.400 rpm. Jantung pacu ini diklaim lolos sertifikasi Energy Efficient Vehicle (EEV).

Lalu pilihan mesin kedua juga memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya Perodua tidak mengambil mesin Mivy, melainkan dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang dijual di Tanah Air. Mesin berkapasitas 1.3L tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga 94 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 121 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Mesin ini juga sudah mengusung teknologi Dual VVT-i sehingga lebih hemat bahan bakar.

Untuk tipe 1.3L Advance sudah dilengkapi dengan fitur vehicle stability control (VSC) yang bertugas untuk menghindari kemungkinan slip di jalan dan menjaga kestabilan berkendara. Varian ini juga dibekali fitur brake assist (BA), traction control (TRC), dan hill start assist (HSA).

Untuk menunjang keselamatan pengguna, sedan ini mengusung fitur ABS dan EBD, serta sistem kecepatan wiper otomatis yang dapat menyesuaikan kondisi hujan secara otomatis. Ada pula fitur Eco Idle yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat mobil dalam kondisi idle. Mesin akan kembali hidup saat pengemudi menarik kaki dari pedal rem.

Sedan ini sudah dapat dipesan oleh calon konsumen sejak 16 Juli kemarin. Total ada lima varian Bezza yang dipasarkan, dengan rentang harga mulai Rp 122,7 juta sampai Rp 167,2 juta.

Daftar harga sedan Perodua Bezza:

  • Standard G 1.0L manual : 37.300 ringgit atau Rp 122,7 juta
  • Standard G 1.0L matik : 39.300 ringgit atau Rp 129,3 juta
  • Premium X 1.3L manual : 42.800 ringgit atau Rp 140,8 juta
  • Premium X 1.3L matik : 44.800 ringgit atau Rp 147,4 juta
  • Advance 1.3L matik : 50.800 ringgit atau Rp 167,2 juta

Img source: http://paultan.org

Source: daihatsu ayla facelift 2017, harga axia baru, ayla baru 2017, modifikasi bezza, mobil sedan daihatsu murah beza, harga daihatsu ayla 4 silinder, gambar perodua bezza modifikasi, fitur lebar ayla, daihatsu versi malaysia, bezza modifikasi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply