Home Auto News Toyota Calya 2016 Indonesia Siap Rilis Sebentar Lagi

Toyota Calya 2016 Indonesia Siap Rilis Sebentar Lagi

0 553

LCGC Toyota Calya 2016, Seiring dengan banyaknya pemberitaan seputar Calya, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota di Tanah Air mulai terbuka dengan sosok mobil terbaru buatannya ini. Bahkan petinggi TAM sudah memberikan sinyal bahwa low cost green car (LCGC) dengan konfigurasi tujuh penumpang ini akan hadir sebentar lagi.

“Toyota Calya sebentar lagi kita launching. Pokoknya segera,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director TAM, sebagaimana dilaporkan DetikOto.

Tidak sedikit pula yang bertanya-tanya apa arti Calya pada produk baru Toyota ini. Pertanyaan ini memang wajar, sebab nama memiliki peran penting pada suatu produk. Untuk hal ini, Henry memiliki jawabannya.

“Kalau arti namanya? Calya itu diambil dari bahasa Sanskerta yang memiliki artinya sempurna,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan memilih nama terbaik, Toyota Calya diharapkan bisa menjadi cermin dari sebuah kendaraan tersebut. “Kita harapkan mobil ini menjadi sesuatu yang sempurna, untuk membutuhkan model ini. Launchingnya kan segera, harapannya bisa diterima dan menjawab kebutuhan konsumen,” terangnya.

Bila melihat bocoran foto yang ada di dunia maya, Toyota Calya memiliki tampilan yang tak kalah menarik dengan model MPV besutan Toyota lainnya. Selain itu model ini juga bisa menjadi penantang Datsun GO+ Panca yang selama ini melenggang bebas tanpa rival.

MPV Murah Toyota Calya 2016 Indonesia 2

Tampilan eksterior mobil ini kemungkinan merupakan turunan dari Daihatsu UFC-3 konsep. Sebagai informasi, mobil ini pernah diperkenalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) pada September 2014 kemarin. UFC-3 merupakan model konsep yang hadir sebagai mobil kompak MPV dengan kapasitas 7 penumpang. Mobil ini juga memiliki desain yang stylish dan elegan.

Sementara itu, kabar terbaru menyebutkan bahwa TAM sudah mempersilakan calon konsumen yang tertarik untuk memesan Toyota Calya. Selain itu saudara kembar Daihatsu Sigra ini sudah mulai didistribusikan ke beberapa diler Toyota.

Menurut kabar Viva, Anton Jimmy Suwandy, General Manager Marketing Planning Tam mengungkapkan, untuk saat ini Calya memang sudah dikirim ke diler. Hanya saja proses pendistribusian belum dilakukan secara menyeluruh.

“Calya sudah dikirim dari sebelum Lebaran ke beberapa diler di Pulau Jawa. Sistem pengiriman itu dari pabrik ke TAM, terus ke stockyard, baru kemudian ke cabang,” jelas Anton yang ditemui di kantor TAM, Sunter, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Ia menambahkan, proses distribusi kendaraan memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya setiap daerah mempunyai jumlah kebutuhan yang berbeda-beda.

“Karena setiap daerah itu ada stockyard masing-masing. Setiap daerah harus mencocokkan dengan kebutuhan setiap diler terlebih dulu,” papar Anton.

Dari informasi yang ada, Toyota Calya akan dijual dalam beberapa tipe, diantaranya G A/T, G M/T, E A/T, E M/T, dan E M/T STD.

Sementara di sektor performa mobil ini akan mengandalkan mesin milik Etios Valco 3NR-VE dengan kapasitas sebesar 1.200 cc. Mesin ini juga sudah dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Sementara untuk sistem perpindahan giginya ada dua pilihan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Di bagian kabin Toyota juga membenamkan sejumlah fitur menarik. Salah satunya adalah fitur pendingin udara dengan air circulator dan head unit double DIN dengan koneksi perangkat musik modern untuk tipe tertinggi. Ada pula fitur MID plus ECO indicator, power window, setir berbahan urethanem plus thumb rest, headrest yang terintegrasi dengan jok, armrest di jok depan dan handbrake tipe lever.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply