Home Auto News Klasemen F1 2016 Usai GP Hungaria, Hamilton Berada di Puncak

Klasemen F1 2016 Usai GP Hungaria, Hamilton Berada di Puncak

0 211

Klasemen F1 2016 Usai GP Hungaria, Lewis Hamilton, pembalap Mercedes kembali memenangi F1 2016 seri Hungaria. Di sirkuit Hungaroring, Budapest, Hungaria Minggu (25/7/2016) ia membukukan waktu 1 jam 40 menit 30,115 detik.

Dengan kemenangan ini Hamilton menjadi pembalap yang berhasil mengantongi kemenangan terbanyak di Hungaria. Pembalap asal Inggris itu telah meraih kemenangan sebanyak lima kali. Ia mematahkan rekor pembalap legendaris Michael Schumacher yang membukukan empat kali kemenangan di Hungaria. Hamilton menjuarai GP Hungaria pada musim 2007, 2009, 2012, 2013 dan 2016.

Hamilton ditemani oleh rekan sati timnya, Nico Rosberg yang menempati posisi kedua dan Daniel Ricciardo dari Red Bull Racing-TAG Heuer yang berada di peringkat ketiga. Saat menyentuh garis finish ia hanya unggul 1,977 detik dari Rosberg, namun unggul 27,539 detik dari Ricciardo.

Start di posisi kedua Hamilton tidak membuang-buang waktu. Ia langsung mengambil alih posisi terdepan tidak lama setelah balapan dimulai. Ia sempat kehilangan posisi terdepan saat melakukan pit stop, namun itu hanya sementara.

Kemenangan tersebut membuat Hamilton berhasil meraih 25 poin tambahan. Ia juga menggeser posisi teratas Rosberg di daftar klasemen pembalap dengan total 192 poin. Sementara rekan satu timnya itu berada di posisi kedua dengan 186 poin.

F1 Hungaria 2016 4

Lalu Ricciardo yang berhasil merebut podium ketiga naik satu peringkat tepat di bawah Rosberg dengan perolehan 115 poin. Ia hanya unggul satu poin dari pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen yang berada di urutan keempat dengan 114 poin. Di GP Hungaria Raikkonen hanya berhasil finish di posisi keenam.

Selain itu Carlos Sainz dari tim Toro Rosso juga naik peringkat setelah menyelesaikan balap di urutan kedelapan. Ia sukses meraih empat poin tambahan dan membuatnya naik ke peringkat 10 di daftar klasemen dengan total 30 poin. Pembalap McLaren-honda, Fernando Alonso juga mengalami kenaikan, dari peringkat 14 ke 13. Ia yang finish di urutan ketujuh di GP Hungaria berhasil memperoleh 24 poin.

Sedangkan Rio Haryanto yang saat ini membela tim Manor Racing masih berada di peringkat terbawah. Ia menjadi salah satu dari empat pembalap yang belum juga meraih poin selama 11 seri F1 musim 2016 ini.

Rio mengaku kesulitan saat bertanding. Manor Racing menggunakan strategi satu kali pitstop untuk Rio, Sementara Pascal Wehrlein mendapat strategi dua kali pitstop yang membuatnya berhasil finis di posisi 19.

“Ya, sekali lagi kami membagi strategi antara Pascal dan saya, untuk memberi kami kesempatan terbaik dari hasil akhir. Sayangnya itu tidak berjalan baik untuk salah satu dari kami,” ungkapnya, dikutip dari Dapurpacu.

Sementara itu, Rosberg yang kehilangan posisi pertama di awal balapan mengakui bahwa dirinya kalah tipis dari Hamilton dan Ricciardo. “Balapan ditentukan di situ. Start saya baik tapi kalah sedikit dari Lewis dan Daniel juga dan kemudian Daniel menyusul di lintasan lurus dan Lewis dapat sisi dalam dan saya kehilangan posisi di tikungan 1,” jelasnya.

“Saya sedikit terhimpit di antara mereka berdua dan saya harus mundur. Saya lega merebut kembali posisi kedua dari Daniel di tikungan 2, itu keren, tapi saya kehilangan kemenangan di situ,” jelasnya.

Daftar klasemen sementara F1 2016 usai Hungaria:

  1. Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes : 192 poin
  2. Nico Rosberg (Jerman) Mercedes : 186 poin
  3. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull Racing TAG Heuer : 115 poin
  4. Kimi Räikkönen (Finlandia) Ferrari : 114 poin
  5. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari : 110 poin
  6. Max Verstappen (Belanda) Red Bull Racing TAG Heuer : 100 poin
  7. Valtteri Bottas (Finlandia) Williams-Mercedes : 56 poin
  8. Sergio Perez (Meksiko) Force India : 47 poin
  9. Felipe Massa (Brasil) Williams-Mercedes : 38 poin
  10. Carlos Sainz (Spanyol) Toro Rosso : 30 poin
  11. Romain Grosjean (Prancis) Haas : 28 poin
  12. Nico Hulkenberg (Jerman) Force India : 27 poin
  13. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren-Honda : 24 poin
  14. Daniil Kvyat (Rusia) Toro Rosso : 23 poin
  15. Jenson Button (Inggris) McLaren-Honda : 13 poin
  16. Kevin Magnussen (Denmark) Renault : 6 poin
  17. Pascal Wehrlein (Jerman) Manor Racing : 1 poin
  18. Stoffel Vandoorne (Belgia) McLaren-Honda : 1 poin
  19. Esteban Gutierrez (Meksiko) Haas : 0 poin
  20. Jolyon Palmer (Inggris) : 0 poin
  21. Marcus Ericsson (Swedia) : 0 poin
  22. Felipe Nasr (Brasil) : 0 poin
  23. Rio Haryanto (Indonesia) : 0 poin

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply