Home Auto News Detail Spesifikasi All New Honda CBR250RR 2016 Indonesia

Detail Spesifikasi All New Honda CBR250RR 2016 Indonesia

0 799

Spesifikasi All New Honda CBR250RR, PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan produk terbarunya, All New Honda CBR250RR di Indonesia. Acara peluncuran ini sekaligus menjadi yang pertama kali di dunia. Motor sport bermesin 250 cc itu diklaim memiliki sensasi berkendara dengan manuver yang menyenangkan.

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM mengatakan, masyarakat Tanah Air mempunyai tradisi berkendara yang kuat dan sangat menyukai motor. Menurutnya, sepeda motor tidak hanya menjadi alat transportasi yang memberi kebebasan, namun juga menjadi sarana penyalur hobi.

“Passion dan minat yang tinggi penggemar motor di Indonesia ini mendorong kami menghadirkan All New Honda CBR250RR ini,” ujar Inuma, sebagaimana dilansir DetikOto, Senin (25/7/2016).

Honda CBR250RR terbaru dikembangkan berdasarkan filosofi dasar Honda dalam mendesain motor supersport, yakni mengaplikasikan kasta motor balap tertinggi. Mesin menjadi sarana terbaik untuk mendongkrak kemampuan pengendara.

Motor baru Honda ini dikembangkan sedemikian rupa untuk memenuhi keinginan pengendaranya, baik untuk berbelok cepat, berhenti dan melakukan akselerasi sesuai kehendak penggunanya. Hal inilah yang membuat pengendara merasa semua ada di bawah kendalinya. Honda menyebutnya dengan konsep ‘Total Control’, yang merupakan kunci dalam pengembangan CBR250RR generasi terbaru.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah detail spesifikasi Honda CBR250RR Indonesia 2016:

Desain

Motor Sport ini mengusung gaya desain yang disesuaikan dari evolusi tiap fungsi bersama dengan pengembangan teknologi terbaru. Pabrikan motor asal Jepang itu menerapkan desain ‘Speed Shape’ yang menawarkan tampilan menarik dan fungsional sehingga pengendara akan memiliki pengalaman berkendara yang memuaskan.

All New CBR250RR mengusung desain tajam, yang terlihat mulai dari sisi bawah. Bagian depan dibuat merunduk hingga buritan belakang yang meruncing. Secara keseluruhan bodi motor ini terlihat lebih gagah dan berisi.

Honda CBR250RR 2016 Indonesia 6

Konfigurasi part baru diadopsi untuk menghadirkan konsep original Honda ‘layered cowl’. Hal ini ditujukan untuk mengoptimalkan aliran udara ketika berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver pada CBR250RR ini dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki. Selain itu jok pengendara di bagian depan dibuat lebih kecil. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara. Lalu karakter proporsional dari motor ini diperoleh dari power unit layout yang kompak dan truss frame terbaru yang terlihat lebih gagah.

Untuk sistem pencahayaan, Honda mempercayakan model LED pada motor ini. Di samping itu terdapat pelek dengan 7-spoke yang memiliki desain eksklusif dan menghiasi bagian motor sport tersebut.

Sasis

Rival Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 ini mengusung frame berdesain baru yang memiliki struktur pipa baja. Frame ini menjamin kekuatan dan kelenturan saat motor dikendarai. Di samping itu frame ini diklaim turut mendukung output yang dihasilkan dan memiliki stabilitas sempurna serta pengendalian optimal bagi pengendara.

CBR250RR generasi terbaru mengusung lengan ayun tipe gull-arm yang dirancang dari aluminium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) sehingga menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot yang lebih dekat dengan pusat gravitasi, tetapi tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat manuver. Lengan ayun ini disambungkan dengan main frame melalui suspensi Pro-Linke. Suspensi depan jenis inverted fork berukuran 37 mm dari Showa digunakan untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.

Mesin

Beralih ke dapur pacu, motor sport ini mengusung mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder. Hanya saja Honda belum merilis data tenaga dan torsi mesin ini. Sebab Honda masih mengembangkan CBR250RR ini hingga dikirim ke diler di kuartal akhir tahun 2016 ini.

“Untuk saat ini, event ini kami adakan lebih cepat daripada biasanya. Sehingga positioning event hari ini kami ingin menyampaikan kabar gembira lebih cepat sehingga dari segi spesifikasi dan harga belum bisa kami infokan secara fixed,” terang Koji Sugita, Direktur Pemasaran AHM.

Di sektor ini banyak teknologi yang dibenamkan oleh Honda. Beberapa diantaranya adalah penyematan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, penempatan saluran pernafasan mesin di belakang silinder dan water pump yang diletakkan di kepala silinder, seperti yang ada pada RC213V.

Menariknya, lebar mesin baru 2 silinder itu hampir sama dengan mesin 1 silinder di kapasitas yang sama. Hal ini dimungkinkan lantaran sejumlah teknologi yang dihadirkan Honda pada mesin motor ini.

Daya tarik lain di layout power unit ada pada Downdraft air intake. Letak air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder. Efeknya resistensi asupan udara berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan.

Sistem kontrol dan elektrikal

Agar pengendalian lebih optimal, Honda CBR250RR terbaru menggunakan teknologi throttle-by-wire atau yang juga dikenal sebagai TWB. Hal ini membuat CBR250RR menjadi model pertama di kelasnya yang menggunakan sistem TWB. Hasilnya, motor sport ini dapat menghasilkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang disematkan di sisi kiri gas akan mendeteksi putaran tuas gas secara otomatis dan mengirimkan sinyal elektrik ke ECU. Perlu diketahui, sistem ini juga digunakan pada Honda RC213V.

Untuk memaksimalkan fungsi TWB, Honda juga melengkapi motor terbarunya dengan riding mode selector. Hadirnya fitur ini akan membuat pengendara dapat menikmati sensasi berkendara di berbagai kondisi jalan.

Tipe dan ketersediaan

Di Indonesia, CBR250RR ditawarkan dalam 2 tipe, yaitu STD (Standar) dan ABS. AHM menawarkan tiga pilihan warna, antara lain warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic.

Rencananya motor ini akan dikirim ke konsumen di akhir tahun 2016. Bagi calon konsumen yang tertarik membelinya sudah dapat melakukan pemesanan di jaringan Wing Dealer Honda yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain menghadirkan CBR250RR, Honda juga menawarkan 10 item Honda Genuine Accessories (HGA). Paket aksesori ini terdiri dari Tank Pad, Radiator Protector, Single Seat Cowl, Eliminator Fender, Aero Fin, Hand Guard, Fr Fender Carbon, Hugger Carbon, Cover Upper Tank Carbon dan Cover Muffler Carbon.

Tidak hanya itu saja, pabrikan motor berlogo sayap mengepak ini juga menyediakan kelengkapan berkendara dengan apparel Honda berupa Leather Jacket, Helm Fullface, Leather Glove dan T-Shirt. Baik Honda Genuine Accessories maupun apparel ini bisa diperoleh di jaringan Wing Dealer Honda per akhir 2016.

Spesifikasi All New Honda CBR250RR 2016:

Dimensi

  • P x L x T: 2.060 x 724 x 1.098 mm
  • Jarak sumbu roda: 1.389 mm
  • Jarak terendah: 145 mm
  • Tinggi jok: 790 mm
  • Kapasitas tangki: 14,5 liter
  • Bobot: –

Mesin

  • Tipe: 4 langkah, DOHC 8 klep, parallel twin cylinder
  • Bore x stroke: 62 x 41,4 mm
  • Kapasitas: 249,7 cc
  • Tenaga maksimal: –
  • Torsi maksimal: –
  • Sistem pendinginan: Liquid cooled with auto electric fan
  • Sistem suplai bensin: PGM-FI
  • Throttle system: Throttle by wire system with accelerator position sensor
  • Rasio kompresi: 11,5:1
  • Transmisi: manual 6 speed
  • Gear shift pattern: 1-N-2-3-4-5-6
  • Starting system: Electric starter
  • Sistem kopling: Multiplate wet clutch with coil spring
  • Sistem pelumasan: Wet (pressing and spray)
  • Kapasitas oli: 1,9 liter (penggantian)

Sasis

  • Tipe sasis: Truss frame
  • Ban depan: 110/70-17 54S (Tubeless)
  • Ban belakang: 140/70-17 66S (Tubeless)
  • Rem depan: Hydraulic disc 310 mm, dual piston (STD & ABS type)
  • Rem belakang: Hydraulic disc 240 mm, single piston (STD & ABS type)
  • Suspensi depan: Inverted teleskopic 37 mm
  • Suspensi belakang: Aluminium swing arm (5 adjustable mono suspension with pro-link system)

Elektrikal

  • Tipe pengapian: Full transisterized
  • Aki: MF 12V-7 Ah
  • Busi: NGK SILMAR8C-9 (Iridium spark plug)

Source: new honda cbr250rr, cbr 250rr total control, cbr 250 indonesia, new cbr 250rr detail racing ap 250, new honda cbr250rr indonesia, new honda CBR250RR modifikasi, al new cbr250 2016 black, spek new cbr250, spesifikasi desain cbr250rr, spesifikasi honda cbr250rr terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply