Home Auto News Teknologi MotoGP pada Honda CBR250RR 2016 Indonesia

Teknologi MotoGP pada Honda CBR250RR 2016 Indonesia

0 775

Honda CBR250RR 2016 Indonesia, Rasa penasaran masyarakat Indonesia akhirnya terobati dengan kehadiran All New Honda CBR250RR yang dirilis oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Motor sport bermesin 250 cc dua silinder ini dilengkapi dengan teknologi modern dan canggih. Di samping itu AHM mengklaim seluruh bekal yang diberikan berada satu level di atas rivalnya.

Sebenarnya salah satu informasi yang dinantikan oleh banyak orang adalah besaran tenaga dan torsi dari motor terbaru Honda. Hanya saja AHM masih merahasiakan detail spesifikasi mesin CBR250RR. Namun yang pasti motor sport ini mengusung mesin generasi terbaru 249,7 cc DOHC 2 silinder paralel dengan 8-katup berpendingin cairan plus kipas.

Agar mesin lebih ringkas, Honda menyertakan sejumlah teknologi seperti meletakkan primary drive gear ke dalam cam chain. Pompa oli berada di sebelah kanan, terintegrasi dengan dapur pacu. Selain itu Honda juga menyematkan saluran pernafasan mesin di belakang silinder dan meletakkan pompa air di kepala silinder. Teknologi ini bisa dijumpai pada motor balap MotoGP Honda, RC213V.

Lebar mesin baru CBR250RR hampir sama dengan mesin 1 silinder berkapasitas sama, berkat teknologi yang digunakan. Selain itu produsen motor asal Jepang ini juga menyertakan layout power unit, yakni downdraft air intake. Air cleaner digeser dari posisi yang biasanya berada di belakang silinder menjadi di atas silinder.

Sementara resistensi asupan udara menjadi berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal tersebut memberikan dampak pada karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin kompak sehingga dapat mengoptimalkan penyebaran bobot.

Teknologi canggih yang hadir pada Honda CBR250RR adalah throttle-by-wire atau TBW. Motor tersebut menjadi model pertama di kelasnya yang menggunakan teknologi tersebut. Dampak yang dirasakan akselerasi lebih halus dan lebih stabil.

Di samping itu hadir pula Accelerator Position Sensor (APS) yang berada di kiri gas. Teknologi ini akan mendeteksi putaran tuas gas secara otomatis dan mengirimkan sinyal ke perangkat ECU. Sistem semacam ini juga sudah ada pada RC213V. Agar fungsi TBW lebih maksimal, Honda membenamkan riding mode selector sehingga pengguna dapat berkendara di berbagai kondisi jalan.

Update : Spesifikasi Honda CBR250RR Terbaru

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply