Home Auto News Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra 2016 Mulai Rp 106 Jutaan

Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra 2016 Mulai Rp 106 Jutaan

Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Kelas low cost green car (LCGC) semakin memanas dengan hadirnya duo MPV murah buatan Toyota dan Daihatsu, Calya-Sigra. Mobil ini resmi hadir menyapa masyarakat Indonesia Selasa (2/8/2016). LCGC 7 penumpang ini dipastikan akan menjadi rival Datsun GO+ Panca. Seperti yang diketahui, sejauh ini GO+ Panca merupakan satu-satunya model yang menghuni kelas tersebut.

Salah satu yang menjadi perhatian utama adalah banderol harganya. Berstatus sebagai mobil murah, tentu saja harga yang ditawarkan juga terjangkau. Untuk hal ini, baik Toyota dan Daihatsu belum merilis harga resminya. Rencananya harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra baru diumumkan pada GIIAS 2016 saat public launching. Meski demikian kedua pabrikan sudah memberi kisaran harganya.

Untuk Toyota Calya kisaran harganya mencapai Rp 129 juta sampai Rp 150 juta on the road Jakarta. Sedangkan harga Daihatsu Sigra sekitar Rp 106 juta hingga Rp 149 juta.

Lalu apa yang menjadi alasan kedua pabrikan masih merilis kisaran harga dari dua produk terbarunya ini?

“Ini baru perkenalan untuk media dan peresmian kerjasama saja. Peluncuran untuk publik akan dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2016 di pameran otomotif GIIAS 2016. Masih ada 10 hari lagi, baru pada saat itu kami berikan harga resminya,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relation Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), sebagaimana dikutip Otomania.

Daihatsu Sigra 2016 Indonesia

Beberapa perhitungan masih dilakukan Toyota dan Daihatsu untuk harga resmi dua mobil terbarunya. Perhitungan tersebut meliputi pajak, BBN dan PKB. Hal ini akan dipastikan dahulu sebelum diinformasikan kepada konsumen.

“Harga ini paling krusial di pasar LCGC. Jadi harap bersabar, masih banyak perhitungan yang dilakukan. Untuk ke daerah-daerah juga berbeda jadi harus dipastikan dulu. Semoga sebelum GIIAS 2016 sudah bisa diumumkan,” jelas Anton Jimmy, General Manager Marketing Planning Toyota Astra Motor (TAM), yang ditemui di sela peluncuran Calya dan Sigra.

PT ADM menetapkan target penjualan Astra Daihatsu sebesar 2.000 unit sampai 3.000 unit per bulan.

“Target Sigra nantinya akan menyentuh 2.000 hingga 3.000 unit. Diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang yang akan sanggup menyesuaikan dengan permintaan konsumen,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan wujud optimisme kedua pabrikan di pasar MPV Tanah Air.

“Pasar otomotif terus tumbuh dengan angka 11,4 persen per tahun. Pasar MPV sendiri terutama di kelas tujuh penumpang masih paling diminati masyarakat Indonesia. Hadirnya Calya dan Sigra diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat untuk kendaraan hemat energi dengan harga terjangkau yang bermutu,” ungkap Sudirman MR, Presiden Direktur PT ADM.

Perlu diketahui, nama Calya dan Sigra diambil dari bahasa Sanskerta. Calya bermakna ‘sempurna’, sementara Sigra berarti ‘respon yang cepat’. Salah satu alasan penggunaan nama ini adalah peraturan pemerintah yang memang mengharuskan mobil LCGC menggunakan nama yang diambil dari bahasa Indonesia.

Kedua MPV murah ini dirancang dari basis Agya dan Ayla, namun dimensinya dirombak sehingga lebih panjang dan bisa menampung kursi baris ketiga. Dengan demikian kedua mobil baru ini bisa memuat penumpang lebih banyak.

Meski sepintas terlihat mirip, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya memiliki beberapa perbedaan. Untuk tampilannya, Sigra hadir dengan fascia depan berdesain heksagonal pada bagian intake. Sementara intake Calya memiliki desain trapesium.

Untuk sektor dapur pacu, Daihatsu Sigra menawarkan mesin 1KR-VE berkapasitas 1.000 cc VVT-i dan 3NR-VE 1.200 cc Dual VVT-i. Sementara Toyota Calya mengusung mesin 3NR-VE 1.200 cc Dual VVT-i.

Source: biaya pajak daihatsu sigra 2016, pajak calya 2016, pajak daihatshu sigra 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply