Home Auto News Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra 2016 Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra 2016 Indonesia

0 2387

Daihatsu Sigra 2016 Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak para jurnalis untuk merasakan sensasi berkendara dengan MPV murah terbarunya, Sigra. Untuk mendukung acara tersebut, ADM selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia sudah menyiapkan 10 unit Daihatsu Sigra tipe R. Jarak uji ditempuh dari Tangerang menuju Bogor. Dengan begitu tidak hanya performanya saja yang terlihat, kenyamanan berada di dalam kabin LCGC 7 penumpang ini juga bisa diketahui. Berikut akan diulas lebih jauh seputar kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra.

Ruang kaki dan ruang kepala di bangku baris kedua terlihat cukup lapang. Bahkan penumpang dengan tinggi badan 170 cm masih bisa duduk nyaman di kursi baris kedua. Jok tengah ini bisa dimiringkan ke belakang sehingga memberikan kenyamanan kepada penumpang saat menempuh perjalanan jauh.

Di bagian plafon terdapat dua ventilasi udara, berikut satu tombol di bagian tengah. Namun ventilasi ini bukanlah AC double blower seperti yang lazim dijumpai pada mobil keluarga lainnya. Ventilasi udara tersebut merupakan rear air circulator yang mengalirkan udara dingin dari AC. Besar kecilnya hembusan udara dari rear air circulator bisa diatur melalui tombol di bagian tengah. Penumpang juga dapat menaikkan atau menurunkan sirip ventilasi secara manual agar udara yang berhembus dari rear air circulator tidak mengenai kepala secara langsung.

Lalu bagaimana dengan bangku baris ketiga? Untuk mengakses bangku paling belakang penumpang dapat melipat bangku tengah seperti pada Daihatsu Xenia. Ketika sudah duduk dan bangku tengah dikembalikan ke posisi semula, ruang menjadi terlihat cukup sempit. Penumpang dengan tinggi badan lebih dari 168 cm tampaknya sedikit tidak nyaman di bangku ini, sebab lutut akan menyentuh bagian belakang jok tengah.

Dimensi Daihatsu Sigra secara keseluruhan memang lebih kecil dari Xenia maupun Innova. Hal ini membuat LCGC itu kurang nyaman untuk dipakai tujuh penumpang dewasa.

Astra Daihatsu Sigra Indonesia 2016 2

Kekurangan lainnya adalah kapasitas barang di belakang yang lebih kecil. Hal ini dikarenakan adanya bangku baris ketiga. Bagasi Sigra hanya dapat memuat 3 buah ransel, itu pun sudah cukup sesak. Jika ingin meletakkan barang di belakang, disarankan untuk menambah jaring atau cargo net. Tujuannya agar barang yang dibawa tidak jatuh saat pintu bagasi belakang dibuka.

Melirik bagian dasbor yang didesain baru, terdapat ventilasi AC bulat di pojok kiri dan kanan, audio di tengah dan ventilasi AC lagi di sampingnya. Hanya saja pengemudi harus sedikit beradaptasi saat hendak mengemudikan mobil ini. Sebab posisi tuas transmisi Sigra berada di dasbor, sementara rem tangan diletakkan di sela jok pengemudi dan penumpang.

Meskipun sisi kabin tidak cukup lapang, namun hal tersebut ditutupi dengan tampilan eksterior yang cukup memikat. Daihatsu Sigra memiliki tampilan yang stylish, lengkap dengan lekukan di bagian bumper depan, grille kecil, ventilasi udara besar dan perpaduan bahan krom pada lampu kabut (fog lamp).

Di sektor mesin, Daihatsu Sigra tipe R mengandalkan dapur pacu berkode 3NR-VE empat silinder dengan kapasitas sebesar 1.197 cc. Performa mesin saat pedal gas diinjak cukup responsif. Mobil ini dapat dikendarai hingga kecepatan 120 km/jam. Dimensinya yang tidak terlalu besar memudahkan pengemudi untuk berpindah jalur di tengah kemacetan. Menariknya, dalam posisi transmisi di D4, mobil ini masih bisa melaju dengan mulus saat diuji di jalanan menanjak yang sedikit panjang.

Img source: http://tribunnews.com

Source: kekurangan daihatsu sigra, kelemahan sigra, kelemahan daihatsu sigra, kekurangan sigra, kelebihan dan kekurangan sigra, kelebihan dan kekurangan mobil sigra, kelemahan mobil sigra, plus minus daihatsu sigra, kekurangan dan kelebihan daihatsu sigra, plus minus sigra, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply