Home Mobil Cara Mengatasi Susah Masuk Gigi Mundur pada Mobil

Cara Mengatasi Susah Masuk Gigi Mundur pada Mobil

0 884

Mobil Susah Masuk Gigi Mundur, Tidak selamanya mobil dalam kondisi prima. Ada kalanya sang pemilik menemui permasalahan yang cukup mengganggu saat perjalanan. Salah satu permasalahan yang bisa menimpa pemilik mobil adalah susah oper ke gigi mundur. Hal ini kerap dijumpai oleh para pemilik mobil LCGC Toyota Agya, terutama yang bertransmisi manual.

“Solusi yang biasanya dilakukan, memainkan tuas pedal kopling ditekan lalu dilepas dan ditekan lagi, sambil memasukan transmisi ke posisi mundur,” ungkap Perdana Abadi, penasehat Toyota Agya Club, seperti dikutip Otomotifnet.

Di samping itu pemilik mobil juga dapat menyetel pedal kopling. “Perhatikan setelan, jarak bebas pedal kopling yang baik itu sekitar 2-3 cm,” kata Helmi Adam dari Toyota Astra Jakarta Selatan.

Penyebab susah oper gigi juga bisa dikarenakan kopling yang habis karena cara berkendara. “Biasanya sering menggantung pedal kopling saat posisi macet di tanjakan,” kata pria yang akrab disapa Helmi itu.

Berikut adalah cara mengatasi susah oper gigi mobil:

  • Apabila transmisi susah untuk dipindahkan ke posisi mundur, injak pedal kopling lalu lepaskan dan tekan lagi sembari mencoba memindahkan transmisi ke posisi mundur.
  • Setelah melakukan perpindahan dari transmisi maju mau berganti ke transmisi mundur, disarankan untuk tidak langsung memindahkannya. Pastikan tuas persneling pada posisi netral, lalu tekan kopling, baru pindahkan ke transmisi mundur.
  • Untuk penyetelan jarak bebas pada tuas pedal kopling bisa dilakukan dengan menggunakan penggaris untuk mengukurnya. Jarak bebas pedal yang ideal adalah 2-3 cm yang dihitung dari pedal dalam kondisi tidak ditekan.
  • Lakukan pula setting jarak bebas pedal kopling pada ujung kabel kopling dan tuas pengungkit kopling.

Di samping itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan kampas kopling saat sudah mencapai 40.000 km. Namun jadwal pengecekan bisa kurang dari angka tersebut jika cara berkendara pemilik mobil kurang tepat.

Source: mobil susah masuk gigi mundur, penyebab mobil tidak bisa mundur, cara masukan gigi mundut xtrail, cara memasukan gigi mundur pada mobil xtrail, persneling mundur susah masuk, mobil tidak bisa mundur, gigi mundur susah masuk, gigi mobil tidak bisa mundur, mobil susah mundur, kenapa mobil tidak bisa mundur, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply