Home Mobil Penyebab Indikator Oli Menyala pada Mobil

Penyebab Indikator Oli Menyala pada Mobil

0 1434

Indikator Oli Menyala pada Mobil, Panel speedometer pada mobil memuat sejumlah informasi terkait kendaraan itu. salah satu komponen yang lazim ditemui pada speedometer adalah lampu indikator. Lampu ini memiliki fungsi yang bermacam-macam. Indikator yang menyala menandakan bahwa ada sistem yang bermasalah dan memberitahu kita untuk segera melakukan perbaikan.

Salah satunya adalah indikator oli yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait oli mesin. Lampu indikator ini biasanya menyala saat mobil hendak dihidupkan, lalu akan mati secara otomatis saat mesin sudah menyala. Itu tandanya tekanan dan pelumasan oli mesin masih bekerja dengan normal.

Akan tetapi Anda perlu waspada jika lampu indikator oli tetap hidup saat mesin mobil sudah menyala. Hal ini merupakan tanda bahwa sistem pelumasan mobil Anda mengalami masalah.

“Setiap mesin mobil telah dipasang switch oli, fungsinya untuk mendeteksi tekanan oli dan sistem pelumasan apabila terjadi masalah,” ungkap Toha, mekanik bengkel Pit Stop di Jakarta Timur, sebagaimana dilansir Metrotvnews.

Ia menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa lampu indikator oli menyala. Masalah yang paling ringan adalah switch oli mobil yang sudah rusak. Untuk mengatasinya tidaklah sulit, Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru.

Selain itu permasalahan yang mungkin terjadi adalah filter oli yang sudah rusak atau lewat masa pakainya. Hal ini akan membuat filter oli tidak bisa bekerja dengan baik karena sudah kotor dan bisa tersumbat.

Anda juga perlu berhati-hati jika lampu indikator oli menyala karena oli mesin kurang. Untuk memastikan periksalah dengan menggunakan stick oli. Cek apakah ada kebocoran atau rembesan oli yang membuat oli berkurang.

Permasalahan terakhir adalah pompa oli yang rusak. Perlu diketahui, pompa oli berfungsi untuk memberikan sirkulasi pelumasan pada mesin. Kerusakan bisa terjadi karena faktor usia, sebab komponen ini biasanya memiliki umur pakai yang panjang jika pemakaian mobil dalam kondisi normal.

Source: indikator oli menyala pada mobil, indikator oli menyala saat mesin panas, cara mengganti switch oli mobil, indikator oli menyala, indikator oli nyala mati, lampu indikator oli mobil berkedip, penyebab indikator oli menyala, lampu indikator oli menyala terus, tanda-tanda pompa oli mobil rusak, lampu indikator oli menyala, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply