Home Mobil City Car Tips Modifikasi Daihatsu Ayla, Perhitungkan Kelistrikan

Tips Modifikasi Daihatsu Ayla, Perhitungkan Kelistrikan

Tips Modifikasi Daihatsu Ayla, Pada dasarnya semua jenis mobil bisa dimodifikasi, termasuk model low cost green car (LCGC). Dari beberapa mobil LCGC yang ada di Tanah Air, Daihatsu Ayla menjadi salah satu model yang kerap mendapat sentuhan modifikasi. Hanya saja memodifikasi mobil ini tidak boleh dilakukan sembarangan, mengingat dimensinya yang kecil. Sang pemilik harus memperhitungkan dengan matang seputar ubahan-ubahan yang hendak dilakukan.

Apabila Anda memiliki Ayla dan kebetulan ingin memodifikasi mobil kesayangan, ada beberapa tips yang disampaikan oleh komunitas Daihatsu Astra Ayla Community (DAAC). Ketua umum DAAC, Andro Ahmad mengungkapkan tips seputar kelistrikan Ayla.

“Paling penting mengutamakan kenyamanan untuk digunakan sehari-hari. Modifikasi yang tidak menghilangkan kenyamanan,” kata Ahmad, dikutip dari Otomania.

Sistem kelistrikan menjadi fokus utama lantaran hal inilah yang sering dialami oleh para pemilik Daihatsu Ayla ketika melakukan modifikasi. Tak jarang pemilik Ayla menambah banyak aksesori namun mengabaikan kapasitas aki yang dipakai pada mobilnya.

“Paling sering misalnya menambah lampu kolong warna-warni. Kami tidak pernah menyarankan pada anggota klub karena kemungkinan terjadi masalah kelistrikan besar sebab letaknya di bawah. Bisa korsleting apabila kena air,” ujar Ahmad.

Selain itu ada pula permasalahan lainnya adalah pemasangan audio yang sering kali tidak diperhitungkan dengan kemampuan aki dan alternator. Untuk itu, Ahmad menghimbau kepada para pemilik untuk mengganti kabel-kabel dan aki sepaket ketika pemasangan.

“Pemasangan audio bermasalah biasanya di atas 6.000 watt untuk PMPO. Ini harus dibatasi karena Ayla akinya cuma 12 volt. Mobil besar 14-16 volt. Sarannya, ikut dirubah dan ditambah ampere di aki. Misal 40 ganti 60. Kabelnya ikut ganti buat 60 ampere,” terang Ahmad.

“Alternator lebih pengaruh pada ECU. Misal kelistrikan naik, arus besar tidak masalah, selama ini tidak masalah. Paling penting kabel diganti. Kabel mempengaruhi kabel utama, kalo kabel utamanya kecil bisa korsleting,” lanjut Ahmad.

Demikian adalah tips modifikasi Daihatsu Ayla yang bisa Anda simak. Yang terpenting lakukan ubahan tanpa mengabaikan segi keamanan dan keselamatan, terlebih jika mobil digunakan untuk pemakaian harian.

Source: kelistrikan mobil ayla, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply