Home Mobil MPV 3 Masalah pada Toyota Kijang Innova dan Cara Mengatasinya

3 Masalah pada Toyota Kijang Innova dan Cara Mengatasinya

0 885

Masalah pada Toyota Kijang Innova, Ada kalanya para pemilik mobil menemui permasalahan pada kendaraannya, tak terkecuali pada Toyota Kijang Innova. Meskipun masalah yang timbul tidak terlalu fatal, namun ada baiknya untuk tidak mengabaikan hal tersebut. Sebab permasalahan yang timbul pada mobil bisa berpotensi mengurangi kenyamanan bahkan keamanan selama perjalanan. Berikut ini akan dibahas lebih jauh mengenai permasalahan pada Toyota Kijang Innova, sebagaimana dihimpun dari Otomotifnet.

Stop lamp

Mungkin sebagian dari pembaca, khususnya yang memiliki Kijang Innova pernah mengalami stop lamp mati sebelah, baik di sisi kanan atau kiri. Permasalahan ini terjadi karena 2 hal. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat kondisi bohlam dengan melepas stop lamp menggunakan bantuan kunci T 10 dan obeng kembang.

Jika kondisi bohlam (12V5W) tidak putus, maka permasalahan bisa saja terjadi pada soket. Soket bisa jadi tidak menempel dengan bohlam atau ada kerak yang melekat. Untuk mengatasinya, Anda hanya peru mengenangkan soket tersebut dan membersihkannya dari karat dan kotoran yang ada.

Penyebab berikutnya adalah filamen di bohlam yang putus. Bambang H, Service Manager Auto2000 Cibiru, Bandung mengatakan, permasalahan tersebut tidak ada hubungannya dengan sistem kelistrikan. Hal tersebut bisa terjadi akibat usia pemakaian dari bohlam itu sendiri. Untuk itu, disarankan menggantinya dengan produk genuine Toyota agar kualitas lebih terjamin. Sebab Toyota memiliki standar tersendiri yang berbeda dengan produk non genuine di pasaran. Hal ini membuat harga jual juga berbeda, namun usia pakai part genuine diklaim lebih panjang dari produk non genuine.

Toyota Kijang Innova 2

Sebagai tambahan, selain usia pemakaian, penggunaan di jalanan juga berpengaruh terhadap bohlam mobil Toyota itu. Contohnya, kondisi jalanan yang macet akan membuat pengendara melakukan stop and go. Hal ini membuat intensitas penggunaan stop lamp lebih tinggi dan berdampak pada usia pemakaian lampu. “Itu bila dibandingkan dengan Kijang Innova yang pemakaiannya di kota dengan tingkat kemacetan yang rendah,” kata Bambang. Jika bohlam mati sebelah tidak perlu mengganti keduanya, cukup ganti yang mati saja. Harga bohlam genuine terjangkau, yakni Rp 28 ribu.

Mud guard

Permasalahan lain yang bisa terjadi pada Kijang Innova terdapat pada bagian mud guard. Komponen yang satu ini sering kali sobek. Kadang yang terlihat sobek bagian depan, namun kadang juga terlihat di bagian belakang.

“Bahan karet yang dipakai untuk mud guard Innova, sesungguhnya enggak gampang sobek. Kalaupun terlihat ada yang sobek, itu karena pemakaian yang enggak pada tempatnya,” ujar Helmy Adam dari Faqih Mobil, Jakarta Selatan.

Maksud dari pemakaian yang tidak pada tempatnya adalah terlalu sering dikendarai di bahu jalan dan sering melintasi jalan berlubang. Hal tersebut membuat mud guard mendapat getaran berlebih sehingga menyebabkan sobek. Untuk menggantinya dengan yang baru dan orisinal, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 200 ribuan. Helmy menyarankan untuk tidak mengganti dengan part non orisinal, tak terkecuali dengan produk berbahan busa sebab part tersebut tidak tahan lama.

Power window

Perlu disadari bahwa power window sebelah kanan biasanya lebih awet daripada sisi lainnya. “Itu karena bagian itu sering dipakai dibandingkan dengan lainnya. Oleh karena jarang dipakai, malah bikin debu dan karat menempel di motornya,” ungkap Helmy.

Karat yang muncul pada motor power window biasanya disebabkan oleh air yang masuk. Biasanya air tersebut dapat masuk lantaran performa karet channel kaca sudah menurun. Usia pakai yang sudah lebih dari 4 tahun kan semakin memudahkan air dan debu masuk ke dalam. Terlebih lagi jika mobil jarang digunakan, kotoran bisa dengan mudah masuk. Jika power windows jadi seret atau lambat saat naik, umumnya permasalahan terletak pada karet pelipit yang sudah berumur.

Source: apa innova rebond sering afs masalah, cara mengatasi power originil inova, masalah mobil innova, masalah pada mobil innova, permasalahan di kijang innova, Trobel pda kijang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply