Home Auto News Fitur dan Teknologi Mazda CX-5 Indonesia 2016

Fitur dan Teknologi Mazda CX-5 Indonesia 2016

0 511

Mazda CX-5 Indonesia 2016, Di Indonesia, Mazda memiliki CX-5 yang masuk ke dalam pasar compact crossover SUV. Di dalam segmen tersebut mobil ini bersaing dengan Honda HR-V, Nissan Juke dan Mitsubishi Outlander Sport.

Di sisi eksterior, CX-5 mengadopsi bahasa desain KODO-Soul of Motion khas Mazda. Di bagian depan terdapat grille penutup radiator yang dibuat horizontal dengan warna abu-abu metalik. Grille tersebut dikombinasikan dengan desain fog light baru. Sementara kaca spion dirancang kecil untuk mengurangi getaran selama perjalanan. Lampu sein mobil ini memiliki bentuk yang lebih besar agar visibilitas pengguna jalan lebih baik serta meningkatkan keamanan bagi pengendara.

Melirik sektor kaki-kaki, Mazda menawarkan dua ukuran untuk pelek CX-5. Pertama pelek aluminium berdiameter 17 inci untuk tipe CX-5 SPORT dan CX-5 URBAN dan berikutnya adalah 19 inci untuk tipe CX-5 TOURING dan CX-5 GRAND TOURING.

Terdapat antena rendah berbentuk sirip hiu yang sesuai dengan gaya kendaraan yang atletis. Hasil perpaduan SKYACTIV Technology dan tema desain KODO pada mobil SUV ini membuatnya hemat bahan bakar, nyaman dan aman untuk dikendarai.

Sama seperti model lainnya, Mazda CX-5 menganut filosofi Jinba-Ittai. Filosofi ini memiliki makna rasa satu kesatuan antara pengemudi dan kendaraan layaknya kesatuan antara penunggang kuda dengan kudanya.

Di Indonesia, CX-5 dijual dalam 4 tipe. Keempat tipe tersebut adalah CX-5 2.0L 6AT SPORT, CX-5 2.5L 6AT URBAN, CX-5 2.5L 6AT TOURING, dan CX-5 2.5L 6AT GRAND TOURING. Setiap tipe menawarkan kelengkapan fitur yang berbeda. Misalnya, untuk tipe CX-5 Grand Touring, Mazda melengkapinya dengan tombol penyesuaian untuk kursi penumpang depan dan memory switch.

Di samping itu Mazda CX-5 juga dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) yang memudahkan pengemudi untuk menghidupkan dan mematikan rem secara otomatis dengan menarik dan menekan tombol EPB yang berada di sebelah tombol Commander.

Mazda CX-5 Indonesia 2016 2

Crossover ini juga memiliki fitur MZD Connect yang merupakan fitur hiburan yang menghubungkan peranti mobile dengan kendaraan untuk mengakses  kontek web (SNS dan radio internet), media sosial dan musik pada perangkat yang disambungkan melalui sistem konektivitas. Untuk sistem hiburan, CX-5 memiliki layar sentuh 7 inci Thin Film Transistor (TFT) beresolusi tinggi.

Hadir pula sistem audio AM/FM Turner CD Player (MP3/WMA/AAC compatible) yang ada pada tipe CX-5 SPORT, CX-5 URBAN dan CX-5 TOURING. Khusus tipe CX-5 TOURING dan CX-5 GRAND TOURING, Mazda melengkapinya dengan BOSE® 9-speaker premium audio system with AudioPilot®2 noise.

Pengguna juga akan dimanjakan dengan sistem i-stop (idle-stop) yang dapat menghemat bahan bakar. Sistem ini akan mematikan mesin ketika pedal rem ditekan dan mobil berhenti di lampu merah atau di tengah kemacetan. Mesin akan kembali menyala dengan sendirinya saat pedal rem dilepaskan.

Sistem i-stop selalu mematikan mesin pada posisi piston sedemikian rupa di mana siap untuk pembakaran berikutnya sehingga restart lebih responsif dan lebih halus untuk pengalaman berkendara yang mulus. Sistem ini juga bekerja dengan memonitor suhu mesin, suhu kabin dan input pengemudi ke pedal rem, tuas persneling maupun roda kemudi.

Fitur berikutnya yang tak kalah menarik dari crossover ini adalah Adaptive LED Headlamps (ALH) yang terdapat pada tipe Grand Touring. Lampu ini dirancang untuk mencapai jarak pandang yang ideal dan jelas ketika malam hari. Sistem pencahayaan ini menggantikan High BeamControl (HBC) yang ada pada model sebelumnya.

Ada 3 komponen di dalam ALH, yakni Glare-Free High Beam, Wide-Range Low Beam dan Highway Mode. Glare-Free High Beam dapat mendeteksi posisi berkendara di depan ataupun yang datang dari arah berlawanan. Komponen ini dapat mematikan beberapa bagian dari lampu multi-LED sehingga lampu jauh dapat digunakan tanpa menyilaukan pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

Sementara Wide-Range Low Beam merupakan lampu LED yang akan menyala di kedua sisi mobil dengan jangkauan lebar dan meningkatkan jarak penglihatan ketika berbelok di persimpangan jalan pada malam hari. Lalu Highway Mode bertugas untuk melebarkan jangkauan penglihatan pengendara dengan meninggikan poros cahaya pada saat kecepatan tinggi.

Tidak cukup sampai di situ saja, Mazda CX-5 juga memiliki fitur lain yang tak kalah canggih. Fitur tersebut adalah Lane-keep Assist System (LAS). Sistem ini dapat mencegah perpindahan jalur jika pengemudi menyetir kurang hati-hati serta menjaga pengendara agar tetap menyetir di jalur yang aman. Perlu diketahui, fitur ini hanya tersedia untuk CX-5 GRAND TOURING.

Pada tipe ini Anda juga akan menjumpai sistem Advanced Blind Spot Monitoring (A-BSM) dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Sistem ini mengandalkan radar bergelombang 24GHz dan diletakkan di bagian belakang kendaraan. A-BSM bertujuan untuk mendeteksi dan memberitahukan pengemudi akan adanya kendaraan lain yang mendekati dalam jarak 50 meter dari belakang ataupun dari jarak blind spot kendaraan. Sistem canggih itu juga mampu mendeteksi kendaraan yang mendekat dari arah samping sehingga banyak membantu pengemudi saat hendak keluar mundur dari tempat parkir.

Fitur berikutnya adalah Smart City Brake Support (SCBS). Sistem ini memungkinkan rem bekerja secara otomatis untuk mencegah atau mengurangi benturan dengan kendaraan roda empat yang ada di depan dengan kecepatan 40 km/jam. Fitur ini juga hanya tersedia pada tipe Grand Touring.

Sementara tipe CX-5 URBAN dan CX-5 TOURING memiliki fitur Adaptive Front-lighting System (AFS) serta Lane Departure Warning System (LDWS).

Sama halnya dengan produk Mazda lainnya, CX-5 mengusung teknologi SKYACTIV. Teknologi SKYACTIV yang ada pada mobil ini di antaranya mesin SKYACTIV-G 2.0L dan SKYACTIV-G 2.5L, transmisi SKYACTIV-DRIVE, SKYACTIVE-CHASSIS dan SKYACTIV-BODY. Teknologi ini diklaim dapat membuat kendaraan menghasilkan energi sebanyak mungkin dari bahan bakar, mentransfer energi untuk bergerak seefisien mungkin serta memberikan kenyamanan mengemudi yang besar dan rasa berkendara yang alami.

Mazda CX-5 Indonesia 2016 3

Melirik sektor mesin, crossover asal Negeri Samurai ini memiliki mesin SKYACTIV-G 2.0L berkapasitas 1.998 cc dan SKYACTIV-G 2.5L dengan kapasitas 2.488 cc. Kedua mesin ini memiliki 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup dengan injeksi bensin langsung. Mazda menyandingkan mesin itu dengan Dual-S-VT (Sequential Valve Timing) dan Electronic Throttle Control (ETC). Di samping itu mesin ini juga memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi, yakni 13,0:1.

Teknologi SKYACTIV-DRIVE merupakan transmisi otomatis 6-percepatan yang menawarkan nuansa layaknya transmisi manual dengan perpindahan gigi yang halus. Teknologi kontrol pada SKYACTIV-DRIVE mengubah transisi torsi dan waktu perpindahan gigi sesuai dengan kecepatan saat pengemudi menggerakkan pedal gas.

Sementara SKYACTIV-BODY merupakan bodi yang kokoh, dengan bobot yang ringan dan performa keamanan kelas atas di dunia terhadap benturan akibat kecelakaan. SKYACTIV-BODY dibuat dari baja regangan tinggi yang memenuhi persyaratan khusus Mazda untuk kinerja dan formabilitas.

Dan yang terakhir, SKYACTIV-CHASSIS merupakan hasil perpaduan kemampuan kontrol dan kenyamanan berkendara berkat optimalisasi sistem suspensi dan kendali. Mazda CX-5 dibekali suspensi strut di bagian depan dan multi-link di belakang. Lalu untuk sistem kemudi sudah mengadopsi teknologi electric power-assisted steering (EPAS), sehingga pengendalian mobil lebih mumpuni di jalan berliku.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply